spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    DPRD Kota Bandung Minta Pemerintah Bentuk Kota Ramah Lansia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: DPRD Kota Bandung meminta pemerintah kota membangun panti Werdha sebagai pusat kegiatan dan komunikasi lansia, serta tempat bagi lansia terlantar. Sebagai penunjang kota ramah lansia.

    Anggota fraksi Nasdem DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga mengatakan, pemkot Bandung harus memiliki semangat untuk membangun kota ramah lansia, hal ini tentunya harus mendasari untuk keperluan lansia dari mulai pangan dan papan yang terjamin.

    “Terlebih bagi lansia telantar yang sudah tidak produktif dan telantar, yang harus menjadi tanggung jawab pemerintah,” katanya dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung dengan agenda pandangan fraksi, Selasa (11/8/2020).

    Selain itu untuk mendukung kota Bandung menjadi kota ramah lansia, fraksi Nasdem akan mendorong mendorong seluruh Rumah Sakit yang berada di Kota Bandung untuk memiliki layanan Geriatri, yaitu layanan kesehatan yang berfokus pada penanganan pencegahan penyakit gangguan kesehatan akibat penuaan.

    “Selain itu hal penting juga untuk mendukung kota ramah Lansia ialah, harus mendorong pihak swasta membuka lowongan pekerjaan untuk lansia yang masih produktif sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik,” kata dia.

    BACA JUGA: DPRD Kota Bandung: Tempat Hiburan Tidak Penting Dibuka di tengah Covid-19

    Aeangga mengaku, menyadari di kota Bandung jika penanganan lansia itu hanya diserahkan kepada pemerintah karena memiliki keterbatasan sumber daya manusia, maka perlu keterlibatan dari berbagai pihak mulai dari semua unsur pemerintah, swasta dan juga masyarakat.

    “Bahwa pada akhirnya kita semua pun akan beranjak tua, dan kita semua harus mempersiapkan sebuah sistem dan lingkungan yang nyaman agar kelak pada lanjut usia nanti tidak akan ada lagi yang laansia yang terlantar dan tidak terpenuhi kebutuhan dasarnya,” kata dia.

    (Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img