spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    Ayo Ikut Lomba Pidato Daring, Ini Syaratnya

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Lomba pidato secara online atau dalam jaringan (daring) bagi siswa/i SMP/MTS se-Nusantara akan digelar Komunitas Sibook bersama Rumah Cermat Kota Banjar. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp2 juta serta hadiah hiburan dan e-sertifikat.

    Bagi siswa/i yang akan mengikuti lomba pidato, formulir pendaftaran bisa dilihat di laman https://bit.ly/EventRumahCermat2020. Atau bisa menghubungi nomor kontak panitia atas nama Moersyid (Kang Moer) (0853-9776-8860) dan Kang Aal (0852-1094-0910). 

    Kang Moer mengatakan,kegiatan lomba ini bertujuan untuk membentuk keberanian dan mental siswa. Apalagi di saat pandemi virus corona (Covid-19) dimana proses belajar mengajar tidak bisa dilakukan secara maksimal seperti saat digelar melalui pertemuan langsung.

    “Pendaftaran dan pengiriman video dimulai 1 Agustus sampai 20 Agustus. Lomba ini tidak dipungut biaya atau gratis dengan total hadiah Rp2 juta termasuk hadiah hiburan dan e-sertifikat. Ini bentuk kepedulian kami dalam membantu proses anak dalam belajar terutama melatih keberanian anak,” ujar Kang Moer saat ditemui FOKUSJabar, Kamis (30/7/2020).

    BACA JUGA: Komunitas Pehobi Roda Dua, Bombombikers Community Indonesia Dideklarasikan

    Sebelum mendaftar dan mengikuti lomba pidato ini, lanjut Kang Moer, setiap peserta diwajibkan membaca terlebih dahulu persyaratan yang bisa dilihat melalui link https://bit.ly/EventRumahCermat2020

    Beberapa persyaratan lomba diantaranya:

    1. Peserta adalah siswa/i SMP/MTs se-Nusantara;
    2. Tema pidato (bisa dipilih salah satu) yakni tentang lingkungan hidup, kondisi sosial, dan atau keragaman budaya;
    3. Isi pidato tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, dan politik; kekerasan, kata-kata kasar yang tidak sesuai dengan etika, maupun menyerang/memojokkan pihak-pihak tertentu;
    4. Karya merupakan video dengan format MP4 (posisi rekaman landscape/menyamping), durasi minimal 5 menit dan maksimal 15 menit (sudah termasuk pembukaan dan penutupan).
    5. Peserta wajib di awal (pembukaan) memperkenalkan diri dan menyebutkan asal daerah (kabupaten/kota dan provinsi) dan menyebutkan maksud serta tujuan pidato untuk mengikuti lomba pidato daring di Rumah Cermat. Di akhir (penutupan), peserta meminta dukungan masyarakar atau warga netizen untuk ditonton, disukai, dan diberi kritik atau komentar.
    6. Peseta lomba disarankan mengikuti akun media sosial Rumah Cermat di facebook, instagram, twitter, akun youtube, maupun blogspot.

    Pelaksanaan lomba akan dimulai dengan pendaftaran dan pengiriman video pada 1 sampai 20 Agustus 2020. Proses editing dan upload video ke Youtube Rumah Cermat akan dilakukan tim dari panitia lomba pada 21-31 Agustus 2020.

    “Untuk penayangan babak penyisihan mulai 1 sampai 30 September 2020 untuk memilih 10 finalis yang masuk ke babak final. Itu akan ditentukan berdasarkan banyaknya like, jumlah penonton, dan komentar,” kata dia.

    “Untuk penayangan babak final dimulai pada 1 sampai  31 Oktober 2020. Dan untuk penentuan juara 1, 2, dan 3 dilakukan tim juri dari Rumah Cermat,” kata Kang Moer.

     

    (Budiana/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img