spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Ini Sekilas Kisah “Gang Stones” di Pelesiran Bandung

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Ada sejarah di balik nama Gang Stones di RW 06 Jalan Pelesiran, Kota Bandung. Seperti namanya, nama itu tidak lepas dari nge-hits-nya band asal London Inggris Rolling Stones tahun 1960 silam. 

    Ketua Pemuda setempat Yusuf mengatakan, penamaan Gang Stones tercetus dari Abah Ikin dan Abah Keno pada 1970.  

    FOKUSJabar.id Sejarah
    Logo Gang.Stones (Instagram).
    Sejak saat itu para pemuda berembuk dan mulai membuat grafiti bertemakan logo band tersebut.
    “Awalnya dinding di gang digambar menggunakan arang (hasil pembakaran kayu). Saat itu alat menggambar memang terbatas,” kata Yusuf, Senin (20/7/2020). 
    FOKUSJabar.id Sejarah
    Sesepuh/Pendiri Nama Gang.Stones (Instagram).
    Dari kegemaran mendengarkan lagu-lagu Rolling Stones itu, para pemuda setempat sepakat membuat nama dan menempelkan pernak-pernik yang berhubungan dengan band Inggris itu. 
    FOKUSJabar.id Sejarah
    Kegiatan Penyemprotan Dekinsfektan Para Pemuda Gang.Stones (Instagram).
    Tahun 1980 sempat terjadi perbedaan pendapat antar pemuda yang tidak setuju dengan penamaan gang tersebut. Bahkan pada tahun itu sempat ada pergantian nama gang dari Stones ke Katete. Namun karena sudah kadung dikenal dengan nama Gang Stones, maka gang itu kembali dinamai Stones hingga sekarang. 

    BACA JUGA: “Gang Stones” di Pelesiran Bandung

    Selain dikenal karena nama band Rolling Stones, Gang Stones juga terkenal karena kerap terjadi keributan, tawuran bahkan Narkoba. Kini zaman sudah berubah dan pemudanya lebih baik, bahkan tak pernah terjadi tindakan kriminal. 

    FOKUSJabar.id Sejarah
    Kegiatan Sosial Penyemprotan Fogging Para Pemuda Gang.Stones (Instagram).
    Kini para pemuda di Gang Stones berubah drastis, mereka lebih banyak melakukan kegiatan positif demi kemajuan wilayah tersebut. Dengan wadah ‘Paguyuban Gang Stones’ mereka melakukan kegiatan sosial, bahkan di tengah Covid-19 mereka menyemprot cairan disinfektan hingga fogging. 
    FOKUSJabar.id Sejarah
    Kegiatan Kerja Bakti Para Pemuda Gang.Stones.
    Tanpa pamrih mereka bergotong-royong menggelar kegiatan bersih-bersih rutin sekali dalam sebulan, bahkan saat ini dua pekan sekali.
    “Saat ini pemuda GangStones jauh lebih baik dari sebelumnya,” kata Yusuf. 
    (Nendy/Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img