spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Pipa Transmisi di Banjaran Bocor, PDAM Tirtawening Siagakan Tangki Air Minum

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pipa transmisi Cisangkuy Lama milik PDAM Tirtawening Kota Bandung mengalami kebocoran pada Senin (13/7/2020) sekitar pukul 08.30 WIB. Pipa transmisi Cisangkuy Lama yang mengalami kebocoran berlokasi di Kampung Bugel RT 04 RW 06 Desa Kamasan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

    “Kami sampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Bandung, khususnya pelanggan setia PDAM Tirtawening, terkait kejadian kebocoran pipa transmisi Cisangkuy Lama pada Senin (13/7/2020) kemarin sekitar pukul 08.30 WIB,” ujar Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, Rabu (15/7/2020).

    Sonny menuturkan, spesifikasi pipa transmisi yang mengalami kebocoran yakni Galvanic Iron dengan diameter 800 mm. Selama pipa transmisi tersebut mengalami kebocoran, debit produksi aliran air pun mengalami penurunan sebanyak 400 liter per detik.

    PDAM Tirtawening Kota Bandung fokusjabar.id
    Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi saat meninjau perbaikan pipa transmisi Cisangkuy Lama yang mengalami kebocoran di wilayah Banjaran. (FOTO: Istimewa)

    “Kebocoran ini pun berdampak pada distribusi air kepada para pelanggan setia kami. Terutama pelanggan di pelayanan wilayah timur dan barat,” tambahnya.

    BACA JUGA: Pipa Transmisi Air Baku PDAM Tirtawening Pecah, Ribuan Pelanggan Terdampak

    Adapun daerah-daerah yang terkena dampak di pelayanan Wilayah Timur diantaranya Cihapit, Citarum, Kebon Pisang, Merdeka, Padasuka, Cikutra, Cicadas, Sukamaju, Sukapada, Pasirlayung, Antapani Wetan, Antapani Kidul, Antapani Tengah, dan Antapani Kulon. Lalu daerah Cipamokolan, Derwati, Mekarmulya, Manjahlega, Sekejati, Margasari, Cijaura, Jatisari, Kujangsari, Kebon Kangkung, Babakan Surabaya, Mandala Jati, Sukapura, dan Kebonjayanti.

    Selain itu, daerah yang terdampak yakni Cicaheum, Jatihandap, Babakan Sari, Binong, Samoja, Kebon Gedang, Gumuruh, Maleer, Batununggal, dan Cibangkong. Kemudian di daerah Kebon Waru, Malabar, Cikawao, Lingkar selatan, Burangrang, Paledang, Turangga, Cijagra dan Cisaranteun Kulon.

    Sedangkan untuk daerah yang terdampak di pelayanan Wilayah Barat yakni Ancol, Arjuna, Babakan, Babakan Asih, Babakan Ciamis, Babakan Ciapary, Balonggede, Batununggal, dan Babakan Tarogong. Lalu Braga, Burangrang, Ciateul, Cibadak, Cibaduyut, Cibaduyut Kidul, Cibaduyut Wetan, Cigereleng, Cijagra, Cikawao, Ciroyom, Ciseureuh, Dungus Cariang, Garuda, dan Jamika.

    Kemudian di daerah Kopo, Karanganyar, Karasak, Kebon Jeruk, Kebon Lega, Kujangsari, Maleber, Margahayu Utara, Margasuka, Mekarwangi, dan Mengger. Serta daerah Nyengseret, Panjunan, Pasirkaliki, Pasirluyu, Pelindung Hewan, Pungkur, Situsaeur, Sukaasih, Sukahaji dan Wates.

    PDAM Tirtawening Kota Bandung fokusjabar.id
    Progres perbaikan kebocoran pipa transmisi Cisangkuy Lama milik PDAM Tirtawening di Banjaran, Kabupaten Bandung. (FOTO: Istimewa)

    “Untuk estimasi pekerjaan perbaikan kebocoran sekitar 6 hari mulai dari Senin (13/7/2020). Selain itu, ditemukan juga titik kebocoran baru pada Selasa (14/7/2020) kemarin,” terangnya.

    Sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan distribusi air akibat kebocoran tersebut, PDAM Tirtawening Kota Bandung menyiagakan truk Tangki Air Minum (TAM). Truk TAM akan membantu suplay air kepada para pelanggan PDAM Tirtawening Kota Bandung yang terdampak selama proses distribusi terganggu.

    “Pelanggan bisa menghubungi Kantor Tangki Air Minum dengan syarat dan ketentuan berlaku minimal 10 pelanggan untuk dikoordinir. Lalu air ditampung di tempat air atau ember dan pelanggan tidak dikenakan lagi biata alias gratis. Sekali lagi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan kami terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan setia kami,” tegasnya.

    Untuk para pelanggan yang mengalami gangguan distribusi air di dua wilayah pelayanan, bisa menghubungi nomor telepon 022 7204227 untuk wilayah pelayanan timur dan 022 6016471 untuk wilayah pelayanan barat. Sedangkan untuk nomor telepon Kantor Pelayanan Tangki Air Minum bisa menghubungi nomor telepon 022 2507993 dan 087779726506.

    (ars)

    Berita Terbaru

    spot_img