spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Laut Memanas, 60 Persen Ikan Dunia Terancam Punah

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Para peneliti mengatakan perubahan iklim akan membuat laut menjadi terlalu panas, sehingga 60 persen spesies ikan terancam punah.

    Peneliti mengatakan embrio dan pemijahan ikan dewasa tidak akan bertahan dalam kondisi laut yang panas.

    Menurut para peneliti, jika suhu laut naik hingga 5 derajat Celcius, 60 persen spesies ikan di seluruh dunia tidak akan mampu hidup pada 2100.

    Pemijah dan embrio rata-rata bertahan pada suhu 7,2 derajat Celsius dan 8,4 derajat Celcius. Sedangkan ikan dewasa kisaran 27,5 derajat Celcius.

    “Ikan sangat penting bagi nutrisi manusia, jadi penelitian ini menjadi bukti kuat untuk melindungi ekosistem dan lingkungan alami kita,” kata Hans-Otto Pörtner di Alfred Wegener Institute Bremerhaven, Jerman, Senin (6/7/2020).

    BACA JUGA: Ini 5 Manfaat Jahe Bagi Tubuh

    Pörtner mengatakan, embrio dan ikan membutuhkan oksigen mereka lebih besar. Oksigen lebih mudah larut dalam air yang lebih dingin dan lebih sedikit pada yang lebih hangat.

    Melansir Futurism, peneliti mengatakan tahun 2100 masih cukup jauh. Sehingga, upaya serius untuk membatasi perubahan iklim bisa bermanfaat untuk menyelamatkan spesies tersebut.

    “Kita bisa membatasi perubahan itu jika kita berhasil menghentikan perubahan iklim,” ujar Pörtner.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img