spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Erick Thohir Layangkan Surat Protes ke AFC Buntut Kekalahan Kontroversial Timnas U-23

    FOKUSJabar.id: Buntut keputusan wasit yang penuh dengan kontroversi saat laga perdana Piala Asia U-23 Indonesia vs Qatar di Stadion Jassim Bin Hamad pada Senin (15/4/2024) Ketua Umum PSSI Erick Thohir layangkan surat protes kepada Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC. 

    Dalam laga tersebut Timnas Indonesia U-23 harus takluk 2-0 dari tuan rumah Qatar kedua goal dicetak melalui set piece yakni melalui titik putih penalti dan tendangan bebas. 

    Dalam laga tersebut terdapat banyak keputusan wasit yang dinilai Erick Thohir penuh kontroversi dari mulai pemberian penalti hingga pemberian kartu kuning kedua terhadap Ivan Jenner. 

    Oleh karena itu Erick Thohir kemudian akan melayangkan surat terhadap AFC dan mengaku sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit Nasrrulo Kabirov. 

    Namun, Erick juga memuji penampilan yang ditampilkan oleh Timnas Indonesia yang tidak patah semangat walaupun harus bermain dengan 9 orang. 

    “Saya ucapkan terimakasih kepada garuda muda yang sudah bertarung dengan mengerahkan seluruh tenaga dan hati. Jangan berkecil hari dengan hasil pertandingan ini,” tulis Erick Thohir dari akun instagramnya, Selasa (16/4/2024). 

    Erick Thohir Aka Layangkan Surat Ke AFC Sesuai Regulasi

    Kemudian dia menyebut bahwa PSSI yang merupakan Federasi akan melayangkan surat sesuai dengan regulasi terhadap AFC. Menyusul keputusan wasit yang penuh dengan kontroversi. 

    “Sebagai federasi dan sesuai regulasi, kami akan melayangkan surat protes kepada AFC, untuk beberapa keputusan dalam pertandingan ini,” ujarnya. 

    Dalam loker room selepas pertandingan berkahir Erick Thohir juga tampak menyambangi pemain Timnas Indonesia. Dia tidak berhenti memberikan semangat untuk fokus melakoni dua laga berikutnya. 

    “Kami akan selalu mendukung kalian. Ini bukanlah akhir, fokus untuk memberikan yang terbaik di dua pertandingan fase grup berikutnya,” tegasnya sambil memberikan semangat. 

    Selain Erick Thohir banyak juga pengamat sepak bola Indonesia yang menilai keputusan wasit di laga tersebut banyak menguntungkan pemain Qatar. Timnas Indonesia akan mengalami sejumlah kerugian untuk laga berikutnya. Karena mereka harus kehilangan sosok penyeimbang lapangan tengah Ivan Jenner dan straiker Ramadhan Sananta. 

    Namun, pengamat menilai bahwa layangan surat protes terhadap AFC tersebut sudah tepat. Walaupun tidak akan bisa mengubah hasil pertandingan tetapi setidaknya bisa meringankan hukuman kartu terhadap pemain Timnas Indonesia. Serta memberikan hukuman kepada wasit yang tidak adil dalam memimpin pertandingan.

    (Fauza/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img