spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    DPU Kota Bandung Segera Bangun Rute Aman Sekolah

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dimasa pandemi Covid-19, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung menghentikan pembangunan dialihkan ke penanggulangan virus Corona.

    Kini, DPU mulai melaksanakan pemeliharaan yang sebelumnya sempat tertunda. Mereka fokus pada pembuatan marka jalan dan jalur sepeda untuk memfasilitasi animo pesepeda yang mulai meningkat. Selain itu, DPU juga bersiap membangun rute aman sekolah kendati sekolah masih libur.

    “Kami telah membangun rute aman sekolah di seputaran sekolah sehingga bisa mendorong anak aman berjalan kaki ke sekolah, tidak perlu diantar oleh orang tua,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Alam DPU Kota Bandung, Yul Zulkarnaen di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jawa Barat Jumat (26/6/2020).

    Menurut Yul, Rute Aman Sekolah merupakan program kolaborasi pihak sekolah setempat, komunitas pendidikan dan DPU sendiri. Hal itu bertujuan untuk membudidayakan jalan kaki dimuali sejak dini yakni di lingkungan Sekolah Dasar (SD).

    BACA JUGA: Akibat Covid-19, Pembangunan di Kota Bandung Tertunda

    “Menghindari penggunaan kendaraan pribadi di area sekolah, dengan begitu kemacetan di kawasan sekolah bisa ditekan. Selain itu, anak-anak dibiasakan berjalan kaki,”ucapnya.

    Yul mengatakan, agar program tersebut disambut baik oleh anak-anak, disepanjang jalan Rute Aman Sekolah tersebut akan dilengkapi oleh arena bermain anak-anak dan juga mural dengan desain menarik.

    “Dengan begitu anak-anak tidak bosan saat berjalan kaki,” katanya.

    Rencananya, Rute Aman Sekolah tersebut akan hadir disetiap wilayah satu sekolah yang dipilih.

    “Untuk saat ini perwilayah satu sekolah, semoga kedepannya akan bisa dilakukan dibeberapa sekolah setiap wilayah. Kami sudah mulai uji coba dikawasan SD di Cibaduyut,” ucap Yul.

    (Yusuf Mugni/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img