spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    PMI Kota Sukabumi Edukasi Pencegahan Covid-19 bagi Tuna Netra

    SUKABUMI, FOKUSJabar.id: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi terus bergerak memberikan edukasi pencegahan Covid-19 melalui sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjelang penerapan normal baru (new normal). Yang menjadi sasarannya kali ini yakni penyandang disabilitas tuna netra.

    “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial untuk membantu masyarakat penyandang tuna netra, mengingat kelompok ini termasuk kategori rentan dan berisiko,” kata Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo di Sukabumi, Rabu (24/6/2020).

    Menurutnya, saat ini PMI Kota Sukabumi terus memaksimalkan sosialisasi dan edukasi dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 ke berbagai segmentasi masyarakat. Seperti penyandang disabilitas yang menjadi prioritas lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia tersebut.

    Dalam kegiatan edukasi, pihaknya bekerjasama dengan lembaga yang membina tunanetra. Seperti Sekolah Luar Biasa Bagian Tuna netra (SLB-A) Budi Nurani Kota Sukabumi.

    PMI memberi perhatian khusus dalam upaya pencegahan penyebaran di kelompok tersebut. Adapun edukasi yang diberikan kepada mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan tersebut yakni cara cuci tangan yang benar.

    Pemberian sosialisasi pun disesuaikan dengan kebiasaan mereka untuk memudahkan dalam penerapannya nanti. Sehingga setelah mendapatkan informasi, mereka bisa melaksanakannya di kehidupan sehari-hari.

    “Salah satu pencegahan penyebaran Covid-19 yakni dengan melalui cuci tangan, agar mereka bisa mengetahui caranya yang benar dan tidak hanya sekedar membasahi tangan saja tetapi harus menggunakan sabun dan menggosok bagian tangan sampai benar-benar bersih kemudian membilasnya,” tambahnya.

    BACA JUGA: Berkinerja Buruk, Kanwil Jabar Minta Penjelasan Kepala BPN Cianjur 

    Suranto mengatakan, informasi mengenai pencegahan Covid-19 masih belum merata diperoleh masyarakat. Terutama yang memiliki keterbatasan pada layanan informasi seperti penyandang disabilitas ini.

    Untuk itu, dengan menggelar kegiatan edukasi PHBS dan simulasi praktek langkah cuci tangan yang benar kepada penyandang disabilitas diharapkan bisa memutus penyebaran virus mematikan ini.

    Tidak hanya memberikan pembelajaran, PMI Kota Sukabumi pun menyalurkan paket Covid kit atau paket kebersihan dukungan program dari PMI Pusat, Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID dalam mendukung operasi pencegahan.

    Kepala SLB Budi Nurani, Tanti Erkanti mengakui jika hal ini sangat penting untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang pencegahan Covid-19 kepada murid binaannya. Terutama dengan diadakannya praktek cuci tangan yang benar.

    “Kami berharap edukasi ini bisa rutin diberikan kepada para penyandang disabilitas, apalagi di tengah keterbatasannya mereka sangat butuh informasi yang sederhana dan mudah dipahami seperti yang dilakukan relawan PMI ini,” tegas Tanti.

    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img