spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Penghapusan Degradasi Dinilai Kurang Tepat, Ini Saran Robert Alberts

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts menilai opsi penghapusan degradasi di kompetisi Liga 1 2020 kurang tepat, karena akan membuat persaingan menjadi tidak ketat.

    Robert Alberts memberikan opsi agar sistem digeradasi tidak dihapuskan dan diadakan babak play off, sehingga tim papan bawah yang berada di zona degradasi Liga 1 masih memiliki peluang untuk bertahan di kasta tertinggi dengan syarat harus meraih hasil maksimal saat berhadapan dengan tim papan atas dari Liga 2. 

    “Lalu ada kabar kompetisi musim ini tanpa degradasi, seperti yang saya katakan sebelumnya, ini bukan opsi yang ada dalam opini saya,” kata Robert Alberts. 

    “Karena, akan menjadi lebih menarik jika ada kualifikasi tim degrdasi dari klub yang ada di sekitar (papan bawah). Misal empat tim terbawah di liga bertarung mungkin dengan dua tim terbaik di Liga 2, jadi enam tim akan bertarung dalam kompetisi mini untuk menentukan empat tempat yang akan didapat untuk bermain di Liga 1 musim berikutnya,” jelasnya.  

    BACA JUGA: Robert Alberts Ajak Masyarakat Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

    Mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan, penerapan sistem degradasi akan membuat kompetisi semakin ketat, karena setiap tim akan berusaha menampilkan perminanat terbaiknya agar terhindat dari zona degradasi. 

    Sedangkan, jika sistem degradasi dihapuskan, tim tidak memiliki motivasi untuk terhindar dari papan bawah. Sehingga, dikhawatirkan akan membuat pertandingan menjadi kurang menarik. 

    “Jadi akan menarik jika ada tim yang berusaha menghindari posisi empat terbawah dan tim dari Liga 2 juga akan berusaha menempati posisi dua besar untuk memperjuangkan tempat di Liga 1, itu yang saya tawarkan,” ucap Robert Alberts. 

    Sementara itu, PSSI sudah memastikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 bakal dilanjutkan pada September atau Januari mendatang. Hanya saja, jadwal kompetisi belum dirilis.

    (Arif/Bam’s) 

    Berita Terbaru

    spot_img