spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Ibu Hamil Cenderung Lebih Aman dari Covid-19

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Ibu hamil disebut cenderung lebih aman dari infeksi virus Covid-19 karena banyaknya produksi hormon estrogen di dalam tubuh. Hal tersebut diungkapkan dokter kandungan, Mochammad Hud Suhargono SpOG.

    “Ada teori yang mengatakan, produksi hormon estrogen yang lebih tinggi saat hamil membuat faktor inflamasi turun. Sehingga pada saat hamil, lebih aman dari perempuan tidak hamil,” ujar Hud dalam diskusi ‘Penguatan Kapasitas Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas’ yang diselenggarakan Pita Putih Indonesia secara daring di Jakarta, Rabu (17/6/2020).

    Hud menambahkan, hormon estrogen merupakan reseptor yang mempengaruhi respon sel dalam melawan infeksi. Sehingga secara statistik, perempuan lebih aman dari Covid-19 dibandingkan laki-laki yang jumlahnya mencapai 60 persen.

    “Perempuan lebih aman dalam hal penularan Covid-19 karena estrogen yang beredar, relatif akan memberikan efek protektif karena mengurangi resptor penghantar virus itu,” jelasnya.

    BACA JUGA: Bayi Berusia 50 Hari Positif Covid-19 di Cirebon Sudah Sembuh 

    Kemudian jika dilihat dari kasus positif Covid-19 dengan jenis kelamin perempuan, lanjutnya, maka lebih banyak diderita perempuan yang tidak hamil. Dengan kata lain, kehamilan melindungi dari pada yang tidak hamil.

    Kondisi hamil pun tidak mempengaruhi tingkat keparahan jika ibu hamil tersebut terinfeksi virus. Begitu juga dengan kekritisan sakitnya. Dengan kata lain, kehamilan bukanlah sesuatu yang memperburuk kondisi.

    “Angka kematian ibu hamil karena terinfeksi Covid-19, hampir sama dengan yang meninggal bukan karena Covid-19. Dengan demikian, yang bermasalah bukan Covid-19 tetapi karena ibu hami kesulitan dalam mengakses layanan maternal akibat terdampak Covid-19,” terangnya.

    Ketua Umum Pita Putih Indonesia, Dr Ir Giwo Rubianto MPd menuturkan, pihaknya terus bekerja sama dengan berbagai pihak berupaya untuk memastikan agar kehamilan dan persalinan berjalan dengan aman.

    “Ibu hamil maupun ibu melahirkan harus bisa mengakses layanan maternal. Jangan sampai karena adanya Covid-19, mengganggu layanan maternal sehingga meningkatkan angka kematian ibu (AKI),” kata Giwo.

    Aliansi Pita Putih Indonesia, lanjut Giwo, berkomitmen mengatasi masalah yang dihadapi perempuan dan anak-anak Indonesia dengan mengaktifkan gerakan masyarakat dalam penurunan AKI melahirkan dan bayi baru lahir, prevalensi anemia, malnutrisi, tingkat prevalensi kontrasepsi yang rendah dan perkawinan anak.

    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img