spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Burung Ciblek Ingin Punya Suara Ngebren, Ini Caranya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Burung ciblek memiliki suara tembakan cukup lantang, padat dan rapat. Karena itu, para penggemarnya sering menyebut suara tembakan ciblek dengan istilah ngebren.

    Namun tak semua ciblek bisa mengeluarkan tembakan ngebren. Ada juga burung ciblek yang kurang maksimal saat mengeluarkan tembakan tersebut, sehingga terdengar pelan.

    Meski burung jenis ini pada dasarnya memiliki karakter suara kencang, namun jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat dan teratur, maka kekuatan suaranya cenderung berkurang.

    Untuk mengembalikan kualitas suara ciblek, sejumlah penggemar memiliki beragam cara untuk meningkatkan volume suara.

    Di alam liar, volume suara ciblek akan mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan umur. Artinya, makin dewasa, makin kencang pula volume suaranya.

    BACA JUGA: 10 Cara Mudah Bedakan Jantan dan Betina Burung Wambie

    Tetapi ciblek yang dirawat di dalam sangkar, mudah mengalami perubahan volume suaranya. Terutama ketika burung tak memperoleh kenyamanan dan perawatan yang memadai. Sebagai panduan, berikut ini tips meningkatkan volume suara burung ciblek.

    Fokusjabar.id Ciblek
    Burung Ciblek Kristal. Ilustrasi (Web)
    1. Melakukan pemasteran

    Pemasteran dengan suara tepat juga dapat menjadikan ciblek memiliki suara kicauan lebih lantang. Meski tidak punya kemampuan mimikri (meniru suara) sebaik burung kicauan lainnya seperti cucak ijo. Pemasteran bisa membuat ciblek memiliki variasi irama suara tembakannya.

    1. Melakukan penjemuran secara rutin

    Penjemuran wajib dilakukan para pemilik burung ciblek. Penjemuran secara rutin dapat menjadikan ciblek lebih aktif dan memiliki suara kicauan lebih lantang.

    Burung ciblek yang kurang dijemur terlihat dari penampilannya yang kusut, dengan bulu-bulu yang mengembang. Suaranya pun cenderung kurang maksimal. Karena itu, lakukan penjemuran secara rutin setiap hari, dengan durasi sesuai kebutuhan.

    1. Memberikan suplemen atau ramuan

    Jika beberapa cara sudah dilakukan, tapi volume suara burung ciblek tetap tidak berubah, sangat dimungkinkan sudah menjadi karakter suara bawaan burung. Namun Anda bisa mencoba terapi alternatif, misalnya memberikan suplemen atau ramuan.

    Burung kicauan yang suaranya tak maksimal, pelan, atau hanya ngeriwik saja bisa diberi suplemen seperti TestoBird Booster (TBB). Produk ini bisa mengatasi burung macet bunyi, tidak punya daya tarung, mental drop, serta untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

    (Nendy/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img