spot_img
Jumat 26 November 2021
spot_img
spot_img

Harga Burung Pipit Meroket 100%

BANDUNG, FOKUSJabar : Burung pipit adalah salah satu jenis burung yang diminati oleh banyak pecinta burung. Selain karena bentuknya yang indah, burung pipit juga banyak menawarkan keunggulan lainnya yang membuat kita ingin merawatnya dengan sungguh-sungguh. Namun demikian, perawatan burung pipit tidak dapat disama-ratakan.

Terlebih belakangan ini burung pipit banyak dicari dan banyak penggemar nya, dengan demikian harga burung liar ini bisa sangat meroket. 

Satu ekor burung pipit saat ini bisa dikisaran harga Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu padahal sebelumnya burung sawah ini dijual dengan kisaran harga Rp 2.000 karena hanya untuk pakan reptil, atau bahkan untuk sekedar mainan anak-anak. 

Bukan hanya itu burung pipit bisa dilatih untuk menjadi burung jinak atau mungkin bisa dilatih sebagai hewan peliharaan yang sangat patuh kepada pemiliknya.

Anda perlu memiliki kemampuan untuk membedakan mana burung pipit yang jantan dan mana burung pipit yang betina. Dengan mengetahui jenis kelamin burung pipit anda, bisa membuat burung pipit anda dengan lebih sempurna.

Salah satu manfaat mengetahui perbedaan jantan dan betina adalah anda dapat mengetahui apakah burung pipit anda perlu diberikan penanganan khusus, apabila dia terlihat mengalami masalah-masalah tertentu. Misalnya, bila anda memiliki burung pipit betina, dan dia terlihat gelisah, anda bisa memunculkan dugaan bahwa bisa jadi dia sedang hamil, atau yang lainnya.

Beda halnya apabila anda memiliki burung jantan tapi dia sering gelisah, mungkin penyebabnya adalah penyakit atau yang lainnya. Dengan kata lain, mengetahui jenis kelamin burung pipit anda dapat membantu anda dalam memutuskan tindakan apa yang perlu anda lakukan saat melihat burung pipit anda tidak berperilaku sebagaimana biasanya.

Selain itu, beberapa cara untuk merawat jenis burung lain bisa kamu temukan di Cara Memelihara Burung Murai, Cara Memelihara Burung Walet, juga Cara Memelihara Burung Kakatua.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri burung pipit dan burung betina dari berbagai jenis burung pipit yang ada di sekitar kita. Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat membedakan yang manakah burung pipit yang berjenis kelamin betina dan yang mana yang berjenis kelamin laki-laki.

Baca juga : Burung Poksay Hongkong Tembus Rp10 Juta, Ini Cara Bedakan Jantan dan Betina

1.Ciri-ciri Burung Pipit Bondol

Berikut ini terdapat ciri-ciri burung pipit bondol Haji jantan dan betina, Antara lain:

Jantan

FOKUSJabar.id Burung Pipit
Pipit Bondol Jantan Ilustrasi (Web)

Terdapar perbedaan burung pipit Bondol yang jantan dan betina, untuk ciri-ciri pipit jantan yaitu:

1.Memiliki postur tubuh besar

Burung pipit dengan jenis bondol haji yang berjenis kelamin jantan akan memiliki postur tubuh yang relatif besar, melebihi betina pada umumnya. Apabila anda merasa burung pipit bondol haji anda memiliki ukuran tubuh lumayan besar, bisa jadi dia dalah burung pipit bondol haji yang berjenis kelamin jantan. Hal ini layaknya manusia atau pejantan pada umumnya, yang memiliki postur tubuh lebih besar dibandingkan dengan perempuan karena memiliki susunan tubuh dan hormon-hormon yang berbeda.

2. Warna bulu coklat gelap

Burung pipit bondol haji jantan dan betina sama-sama memiliki warna cokelat pada bulunya. Namun demikian, yang membedakan burung pipit bondol haji jantan dan betina adalah tingkat kegelapan warna bulunya. Burung pipit bondol haji jantan cenderung memiliki warna bulu yang lebih gelap, bila anda membandingkannya dengan burung pipit bondol haji betina yang memiliki bulu cokelat terang atau cokelat muda.

3. Memiliki warna bulu putih di kepala lebih tegas

Burung pipit bondol haji jantan dan betina sama-sama memiliki warna putih pada bulu yang ada di kepalanya. Namun demikian, yang membedakan burung pipit bondol haji jantan dan betina adalah, burung pipit bondol haji jantan cenderung memiliki warna putih di kepala yang lebih jelas terlihat, bila anda membandingkannya dengan burung pipit bondol haji betina.

4. Bila berdiri terlihat tegak

Perbedaan terakhir antara burung pipit bondol haji jantan dengan si betina adalah pada postur tubuhnya saat mereka sedang berdiri. Burung bondol haji jantan akan terlihat lebih tegak dan tegap apabila dibandingkan dengan burung bondol haji betina saat sedang berdiri.

Betina

FOKUSJabar.id Burung Pipit Bondol Betina
Burung Pipit Betina (Web)

Setelah informasi tentang ciri-ciri burung pipit Bondol Haji jantan, berikut ini ciri-ciri burung pipit Bondol Haji betina yang mudah dikenali, antara lain:

1.Memiliki postur tubuh kecil

Burung pipit dengan jenis bondol haji yang berjenis kelamin betina akan memiliki postur tubuh yang relatif kecil, melebihi jantan pada umumnya. Apabila anda merasa burung pipit bondol haji anda memiliki ukuran tubuh lumayan kecil, apalagi bila anda membandingkannya dengan burung pipit bondol haji jantan, bisa jadi dia dalah burung pipit bondol haji yang berjenis kelamin betina. Hal ini layaknya perempuan atau betina pada umumnya, yang memiliki postur tubuh lebih kecil bila kita bandingkan dengan perempuan karena memiliki susunan tubuh dan hormon-hormon yang berbeda.

2. Warna bulu cokelat lebih lebih pudar dan kusam

Burung pipit bondol haji jantan dan betina sama-sama memiliki warna cokelat pada bulunya. Namun demikian, yang membedakan burung pipit bondol haji jantan dan betina adalah, burung pipit bondol haji betina cenderung memiliki warna bulu yang lebih pudar dan kusam, bila anda membandingkannya dengan burung pipit bondol haji jantan.

3. Warna bulu putih di bagian kepala lebih pudar dan kusam

Burung pipit bondol haji jantan dan betina sama-sama memiliki warna putih pada bulu yang ada di kepalanya. Namun demikian, yang membedakan burung pipit bondol haji jantan dan betina adalah, burung pipit bondol haji betina cenderung memiliki warna putih di kepala yang lebih pudar dan kusam, bila anda membandingkannya dengan burung pipit bondol haji jantan.

4. Bila berdiri terlihat agak membungkuk

Perbedaan terakhir antara burung pipit bondol haji jantan dengan si betina adalah pada postur tubuhnya saat mereka sedang berdiri. Burung bondol haji betina akan terlihat lebih membungkuk apabila dibandingkan dengan burung bondol haji jantan yang tegak dan tegap saat mereka sedang berdiri.

Ciri-ciri Burung Pipit Strawberry Finch

Berikut ini adalah ciri ciri burung pipit strawberry finch jantan dan betina, antara lain:

Jantan

FOKUSJabar.id Pipit Strawberry Finch
Pipit Strawberry Finch jantan, Ilustrasi (Web)

Selain jenis burung pipi Haji Bondol, terdapat perbedaan pula antara jantan dan betina dalam burung pipit jenis Strawberry Finch, yaitu:

1.Warna badan dominan warna merah padam

Burung pipit strawberry finch yang berjenis kelamin jantan cenderung memiliki warna merah padam hampir di sekujur tubuhnya. Warna yang sama tidak akan dimiliki oleh  burung pipit strawberry finch betina.

2. Sayap dan ekor berwarna kehitaman

Sayap dan ekor burung finch jantan memiliki warna kehitam-hitaman. Sebenarnya burung pipit strawberry finch pun memiliki warna sayap dan ekor berwarna kehitaman, namun kadar warna hitamnya berbeda, walaupun cukup sulit untuk dilihat.

3. Ada bintik-bintik pada sisi tubuh

Burung pipit strawberry finch yang berjenis kelamin jantan memiliki bintik-bintik pada sisi tubuhnya yang membedakan dirinya dengan burung pipit strawberry finch yang berjenis kelamin betina.

4. Sayap dan tunggir yang berbintik putih kecil

Ciri berikutnya adalah sayap dan tunggir burung pipit strawberry finch jantan adalah adanya bintik-bintik putih kecil yang terdapat di sekitar sayap dan tunggir. Bintik ini sekilas akan mirip bintik-bintik yang ada pada sisi tubuhnya.

Betina

FOKUSJabar.id Burung Pipit
Ilustrasi (Web)

Berikut ini ciri-ciri pipi strawberry finch yang betina, antara lain:

1.Tubuh bagian bawah berwarna kuning tua abu-abu

Ciri petama yang membedakan burung pipit strawberry finch betina adalah pada bagian tubuh bawahnya, berwarna kuning tua keabu-abuan. Warna ini tidak akan anda temukan di burung pipit strawberry finch jantan anda.

2. Mantel berwarna coklat

Strawberry finch betina memiliki mantel yang berwarna cokelat. Hal ini tidak dimiliki oleh burung pipit strawberry finch yang berjenis kelamin jantan.

3. Tunggir berwarna merah

Tunggir burung pipit strawberry finch memiliki warna merah tanpa bintik putih, tidak seperti burung strawberry finch yang berjenis kelamin jantan.

4. Sayap dan ekor kehitaman

Burung pipit strawberry finch betina memiliki warna sayap dan ekor kehitaman sebagaimana burung strawberry finch jantan.

5. Ada beberapa bintik putih pada sayap

Pada burung strawberry finch jantan ataupun betina, sama-sama terdapat bintik putih pada sayapnya. Hanya saja pada burung finch betina jumlahnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan burung pipit strawberry finch jantan.

6. Iris berwarna coklat dan paruh berwarna merah

Iris burung pipit strawberry finch betina memiliki warna cokelat yang bisa anda lihat dengan mata telanjang. Sementara itu, paruhnya akan memiliki warna merah

7. Kaki berwarna merah daging

Burung pipit strawberry finch betina memiliki kaki yang berwarna merah daging. Warna merah daging ini mirip dengan yang ada pada kaki burung strawberry finch jantan. Anda harus jeli melihatnya sebelum dapat melihat adanya perbedaan warna tersebut.

 

Ciri-ciri Burung Pipit Zebra Finch

Berikut ini ciri-ciri burung pipit Zebra Finch jantan dan Betina, yaitu:

zebra finch Betina dan Jantan fokusjabar.id
zebra finch Betina dan Jantan (Web)

Jantan

Terdapat pula burung pipit jenis Zebra Finch. Berikut ini adalah ciri-ciri burung pipit zebra finch jantan:

Memiliki bulatan seperti tompel pada pipinya yang dapat berwarna hitam atau oranye.

Burung pipit zebra finch jantan memiliki paruh berwarna orange yang lebih menyala dibandingkan dengan burung pipit zebra finch betina.

Pada bagian dadanya, burung pipit zebra finch jantan memiliki pola kehitaman di bagian depan atau tengah dan memiliki pola zebra pada bagian atas dan sisinya.

Pada bagian samping kiri dan kanan tubuh burung pipit zebra finch jantan, terdapat pola oranye atau hitam yang di sekitarnya terdapat bintik-bintik berwarna putih.

Dari segi ocehan, burung pipit zebra finch jantan lebih memiliki ocehan yang beragam bila dibandingkan dengan burung zebra finch betina.

Betina

Kemudian, berikut ini terdapat ciri ciri burung pipit zebra finch betina, antara lain:

Burung pipit zebra finch betina tidak memiliki tompel pada pipinya, hanya terdapat garis hitam vertikal yang ada di bawah matanya. Akan tetapi warna pipinya terlihat menyerupai warna bulunya, pada beberapa burung zebra finch betina juga terlihat memiliki warna abu-abut muda.

Burung pipit zebra finch betina memiliki warna paruh oranye, namun demikian warna oranyenya kurang tajam bila dibandingkan yang jantan. Sementara itu pada bagian dadanya berwarna krem kekuningan.

Selain ciri-ciri burung pipit, terdapat pula Ciri-Ciri Burung Merpati, Ciri-ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda, Ciri-ciri Pleci Merapi, dan juga Ciri ciri Burung Merpati Mau Bertelur .

Itulah ciri-ciri berbagai macam burung pipit yang berjenis kelamin jantan ataupun betina. Semoga dengan adanya ciri-ciri di atas dapat membantu anda dalam merawat burung pipit peliharaan anda. Jangan lupa untuk melakukan perawatan yang baik untuk membantu burung pipit anda berumur panjang dan sehat tanpa ada penyakit yang mengancam hidupnya. Selamat merawat burung pipit anda!

(Nendy/ArenaHewan.com)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img