Sabtu 19 September 2020

Petani Subang Diminta Manfaatkan KUR

SUBANG, FOKUSJabar.id: Petani Subang, diminta untuk memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) serta memaksimalkan penggunaan alat mesin pertanian (alsintan). Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung di Kabupaten Subang, Sabtu (6/6/2020).

“Petani Subang harus memanfaatkan KUR. Angka yang ada masih bisa ditambah, ada kawan-kawan dari BRI dan BNI yang bisa membantu. Jangan takut, sebab dari 1 hektare lahan yang panen bisa hasilkan padi 8 ton, sehingga bisa mendapat Rp30 juta,” ujar Syahrul.

Mentan menuturkan, pertanian bersifat sustainable sehingga jika padi-nya tidak ada yang membeli bisa disimpan terlebih dahulu.

“Bisa kita jual nanti atau untuk konsumsi sendiri. Yang penting simpan yang benar. Jadi tidak ada alasan tidak tanam. Kita punya alsintan, ada traktor roda 4, manfaatkan. Irigasi di Subang juga sudah bagus, tapi harus diperlebar lagi agar produktivitas meningkat,” terangnya.

BACA JUGA: Petani di Padaherang Pangandaran Keluhkan Hama Keong 

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini menyampaikan, sektor pertanian harus digenjot untuk menghadapi tantangan penyebaran Covid-19 dan ancaman kekeringan yang bisa berdampak krisis pangan.

Untuk meningkatkan pertanian, lanjutnya, dibutuhkan lahan yang bagus, bibit yang tepat, dan budidaya pelaksanaannya harus benar.

“Kita berkejaran dengan hujan. Tapi ada tantangan lain yaitu musim kekeringan sesuai prediksi FAO. Karena itu, manfaatkan hujan dan tidak boleh ada lahan yang tidak ditanami. Pertanian bukan barang baru. Jadi yang harus dijaga adalah semangat pertaniannya. Kalau pertanian tetap tumbuh, kita akan mampu bertahan,” tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Subang, Mentan memberikan bantuan alsintan berupa traktor roda 4 yang diterima secara simbolis oleh sejumlah kelompok tani. Dalam kunjungan ke Subang, Mentan didampingi Panglima Kodam III Siliwangi, Wakil Gubernur Jawa Barat, Kapolda Jabar, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, dan sejumlah pejabat eselon 1 Kementan serta perwakilan BNI dan BRI.

Dilakukan juga penyerahan simbolis klaim AUTP periode Februari-Maret 2020 untuk Subang sebesar Rp2.198.000.000. Sekaligus penyerahan KUR Pertanian Subang dari BNI dan BRI.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy menyampaikan, minat petani Subang terhadap KUR sangat tinggi. Data terbaru hingga 4 Juni, realisasi KUR Subang mencapai 100 persen.

“Realisasi penyaluran KUR Sektor Pertanian Provinsi Jabar ter tanggal 4 Juni 2020, untuk Subang mencapai lebih dari target 100 persen,” tegasnya.

(ars/ant)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

PM Gatra: 3 Potensi yang Dimiliki Garut Utara

GARUT,FOKUSJabar.id: Secara marathon Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM Gatra)...

PSBMK Diterapkan di Kota Bandung Jika Ini Terjadi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pembatasan sosial berskala mikro dan komunitas (PSBMK) menjadi opsi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengantisipasi tingginya kasus Covid-19 di kewilayahan saat ini. Wakil Wali Kota...

iPad Gen 8 Resmi Diperkenalkan, ini Spesifikasinya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: iPad Gen 8 resmi diumumkan apple dalam dalam acara virtual di Apple Campus, Amerika Serikat, Rabu (15/9/2020). "Tahun ini menjadi tahun-nya iPad. Awal tahun...

Kota Bandung Menerima Dampak dari PSBB Jakarta

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menyebut pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta berdampak kepada perekonomian Kota Bandung. Saat ini, tim...

Wamenag: Setop Polemik Penceramah Bersertifikat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sempat gaduh soal polemik sertifikasi bagi penceramah, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akhirnya mengklarifikasi permasalahan tersebut. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi menegaskan, saat...

Dishub Kota Bandung Percepat Penutupan Jalan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memberlakukan buka tutup di sejumlah ruas jalan protokol lebih awal di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang diperketat...

Saham Jerman Naik 2 Hari Berturut-turut

FRANKFURT,FOKUSJabar.id: Saham-saham Jerman ditutup lebih tinggi pada perdagangan Rabu (16/9/2020) kemarin, membukukan kenaikan untuk hari kedua berturut-turut, dengan indeks acuan DAX 30 di Bursa...