spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Shalat Jumat Digelar Dua Masjid Besar di Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dua masjid besar di Kota Bandung menggelar Shalat Jumat berjamaah, Jumat (5/6/2020) ini. Yakni masjid Al-Ukhuwah Bandung dan masjid Pusdai Jawa Barat.

    Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ukhuwah, Bambang Sukardi mengatakan pelaksanaan Shalat Jumat berjamaah dilakukan menindaklanjuti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional berdasarkan peraturan Wali Kota Bandung no 32 tahun 2020. Menurutnya, kegiatan dilaksanakan menerapkan protokol kesehatan.

    “Kegiatan dibatasi sampai 30 persen dan melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Bambang, Jumat (5/6/2020).

    Ia menjelaskan, jamaah diharuskan memakai masker dan tidak berlama-lama di masjid. Selain itu, jamaah harus membawa peralatan salat sendiri dan dipastikan dalam kondisi sehat.

    BACA JUGA: Masjid Istiqlal Belum Gelar Shalat Jumat

    “Pengurus masjid harus memastikan seluruh jamaah menjaga jarak salat sesuai aturan karena kapasitas masjid Al-Ukhuwah 3.000 jemaah, jadi 30 persen dari itu sekitar 1.000 jamaah. Kami pun memaksimalkan pengawasan terhadap pelaksanaan aturan,” ungkapnya.

    Lebih lanjut Bambang mengatakan, kebijakan ibadah shalat berjamaah di hari waktu dhuhur pada hari Jumat itu dilakukan mengikuti surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI).

    Sementara Ketua DKM Masjid Pusdai Jawa Barat, KH Choirul Anam mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kewilayahan dan bisa melaksanakan shalat Jumat. Pihaknya pun sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat termasuk menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer serta membuat jarak antar saf satu meter.

    Masjid Pusdai yang bisa menampung hingga 4.000 jemaah, dan pada pelaksanaan kali ini hanya dibatasi 30 persen. Menurutnya, pihaknya pun memprediksi masyarakat yang akan shalat Jumat belum terlalu banyak.

    “Dilihat dari yang berjamaah lima waktu kemarin, kayaknya belum begitu banyak. Biasanya berjamaah delapan shaf tanpa jarak, sekarang pakai jarak hanya dua shaf,” pungkas Kh Choirul Anam.

     

    (Yusuf Mugni/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img