spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Luhut: Kasus Covid-19 di Indonesia Menurun

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Dalam sepekan terakhir ini, kasus Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia menurun. Rata-rata per hari menurun sebanyak 600 kasus.

    Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, rencana pemberlakuan tatanan New Normal bisa dilakukan dengan rujukan data tersebut.

    “Kalau kita mau melakukan New Normal, tentu berdasarkan data, katanya dalam webinar yang digelar Selasa (2/6/2030) malam.

    Luhut menambahkan, tes juga terus ditingkatkan menjadi 10 ribu per hari. Bahkan, dia terus didorong agar meningkat 14-15 ribu tes per hari.

    BACA JUGA:Tren Covid-19 Menurun, RSHS Mulai Buka Pelayanan Secara Bertahap

     “Per 31 Mei, jumlah kasus Covid-19 sebanyak 26 ribu kasus, fatality rate (tingkat kematian) sebesar 6,1 persen. Ini sudah menurun ya kalau saya tidak keliru. Demikian pula recovery rate (tingkat kesembuhan) 27,6 persen. Jadi semua angka ini membaik,” tegas dia.

    Kapasitas tes juga terus ditingkatkan hingga 15 ribu per hari karena reagen yang sudah tersedia. Begitu pula 28 laboratorium telah mulai beroperasi.

    Kata dia, meski pemerintah menetapkan regulasi untuk mengubah perilaku masyarakat melalui tatanan normal baru, kedisiplinan masyarakat tetap faktor utama. Yakni, jaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

    (Bam’s/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img