spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    New Normal, Penumpang Harus Datang Empat Jam Sebelum Penerbangan

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Calon penumpang diimbau untuk datang empat jam lebih awal ke bandara, dalam menyesuaikan kondisi new normal, Senin (1/6/2020).

    “Saat ini, kami memang mengimbau calon penumpang untuk datang ke bandara tiga sampai empat jam sebelum penerbangan karena ada mekanisme pemeriksaan atau ‘screening’,” kata DIrektur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

    Para calon penumpang harus melewati sejumlah titik pemeriksaan (check point), pertama verifikasi dokumen dan kedua pemeriksaan kesehatan.

    “Untuk memastikan keabsahan dokumen ada dua hal, dari pihak yang menebitkan dan yang memverifikasinya. Dua hal ini harus terpenuhi. Diverifikasi oleh pihak yang berkompeten untuk memvalidasi. Kalau dua-duanya dijalankan dengan benar pasti absah,” katanya.

    Awaluddin mengatakan, pihaknya tengah melakukan simulasi proses new normal pra-penerbangan tersebut dengan maskapai.

    BACA JUGA: DKI Jakarta Belum Berencana Buka Kegiatan Sekolah 13 Juli 2020

    “Karena konsepnya menggunakan konsep baru pembatasan dan pengendaaian, ada metode ‘screening’ dan pemeriksaan yang hal ini bisa disolusikan dengan cepat dan efektif melalui digitalisasi,” ujarnya.

    Sehingga, Awaluddin mengatakan pihaknya bisa memangkas waktu yang dibutuhkan untuk serangkaian pemeriksaan tterkait new normal.

    “Tapi paling tidak dua jam atau satu jam saja, sehingga lebih pasti dan minimum ‘connecting time’ dari calon penumpang di bandara lebih terukur. Kondisi inilah yang kita sedang gagas dengan maskapai, bahwa prosedur dan mekanisme ini harus berjalan,” katanya.

    (Agung/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img