spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Pedagang dan Pembeli Pasar Tradisional Indramayu Dites Swab

    INDRAMAYU, FOKUSJabar.id: Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melakukan tes swab massal kepada para pedagang dan pembeli di pasar tradisional daerah dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di tempat umum.

    “Tes swab massal dilakukan secara random terhadap sekitar 130 orang. Baik itu pedagang, pembeli maupun orang yang melintas semuanya ditest dahaknya,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara di Indramayu, Sabtu (30/5/2020).

    BACA JUGA: Ini Standar Protokol Kesehatan Di Rumah Ibadah Saat AKB

    Pengetesan swab dilakukan di Pasar Baru Indramayu, lanjut Deden, mengingat pasar tradisional tersebut menjadi pusat berkumpulnya orang dari berbagai daerah. Tes swab massal kali ini pun merupakan yang pertama kali dilakukan Gugus Tugas di area publik yang rawan terjadi penyebaran Covid-19.

    Test sendiri dilakukan dengan mengukur temperatur tubuh, pendataan riwayat perjalanan dan pengambilan sampel dahak untuk dilakukan uji polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium.

    “Kita lakukan ini untuk mengukur kerawanan, potensi penularan di tempat keramaian. Tujuannya, agar kita bisa langsung tangani, mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan hasilnya cepat keluar,” terangnya.

    Selain pasar, tes swab juga akan dilakukan di tempat-tempat umum lainnya dengan waktu dan tempat yang masih dirahasiakan. Langkah ini merupakan terobosan untuk memetakan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu secara cepat dan akurat.

    Sementara pengunjung pasar Abdul (40) mengaku was-was menunggu hasil tes, Dirinya pun khawatir terkonfirmasi positif. Meski demikian, dia mengaku lega setelah melakukan tes tersebut.

    “Semoga ketika hasilnya keluar nanti negatif Covid-19,” ujar Abdul.

    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img