spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Cek Arah Kiblat, Hari Ini Matahari Melintas di atas Kabah

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Agus Salim mengatakan bahwa berdasarkan data astronomi pada Rabu (27/5/2020) dan Kamis (28/5/2020), matahari akan melintas tepat di atas Kabah. Menurut dia, peristiwa alam tersebut akan terjadi pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

    “Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kabah,” kata Agus Salim melalui rilisnya, Kamis (28/5/2020).

    Peristiwa seperti ini, kata dia, dikenal dengan nama Istiwa A’dham atau Rashdul Qiblah, yaitu waktu matahari di atas Kabah dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

    BACA JUGA : BMKG: Hari Ini dan Esok Waktu Pas Cek Arah Kiblat

    Momentum ini, kata dia, bisa digunakan umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yakni pastikan benda yang menjadi patokan benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot atau Bandul, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

    (Asep/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img