spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Dengan New Normal, Destinas Wisata Ciamis Buka Kembali Juli

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sejak pandemi Covid-19 seluruh obyek wisata di Kabupaten Ciamis ditutup. Dalam menghadapi New Normal, Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis mempersiapkan untuk segera membuka kembali destinasi wisata pada pertengahan Juni 2020 mendatang.

    Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi para pelaku wisata yang kini juga terdampak wabah Covid-19. Mereka harus kehilangan mata pencaharian, sekaligus juga menjadi potensi baru dengan penyesuaian dalam New Normal.

    “Sesuai arahan dari Provinsi, kita harus siap-siap berbenah. Pertengahan Juni kita memasuki new normal, destinasi wisata di Ciamis dibuka. Tapi dengan tahapan-tahapan paling penting protokol kesehatan Covid-19,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia, Selasa (26/5/2020).

    Hal yang wajib ada ketika destinasi wisata dibuka adalah tempat cuci tangan, pembatas jaga jarak atau physical distancing, aturan pengunjung pakai masker, antiseptik dan hal lainnya.

    “Selama masa persiapan ini kepada para pengelola wisata untuk mempersiapkannya. Manfaatkan masa sepi ini untuk mengatur dari mulai pintu masuk, pembatas antrian hingga sarana lainnya,” kata Budi.

    BACA  JUGA: BUMN Harus Jadi Lokomotif Menuju New Normal

    Dinas Pariwisata akan memanggil para pengelola wisata di semua level dalam waktu dekat. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, hiburan hingga perhotelan. Hal ini harus disambut dengan baik supaya dunia pariwisata di Ciamis tetap berjalan meski di tengah wabah.

    Dinas Pariwisata Ciamis telah menyiapkan empat langkah untuk mempersiapkan dibukanya kembali destinasi wisata. Pertama dari segi regulasi, seperti tiket yang disesuaikan, pengunjung yang dibatasi hanya setengah dari kapasitas yang ada. Kemudian kedua adalah simulasi, diharapkan menjadi gambaran para pengelola wisata dalam mengatasi para pengunjung.

    “Simulasi perlu dilakukan, karena gambaran dalam pelaksanaan dibukanya obyek wisata. Penanganan ketika ada pengunjung yang sakit dengan Koordinasi kepada petugas kesehatan dan hal lainnya,” kata Budi.

    Langkah selanjutnya adalah sosialisasi dan promosi. Dalam promosi wisata di New Normal tersebut, Dinas Pariwisata Ciamis mengusung tema ‘Wisata sehat Ciamis sehat.

    “Tahap akhir adalah promosi, segmennya adalah sehat. Jadi wisata sehat Ciamis sehat. Supaya wisatawan atau pengunjung tidak khawatir dan merasa aman. Mereka bisa tetap berwisata dengan nyaman dan kembali datang untuk berwisata,” katanya.

    (Riza M Irfansyah/As)

    Berita Terbaru

    spot_img