spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    H-3 Idul Fitri, Toserba di Ciamis Dibuka

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Toserba Yogya di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kembali diserbu para pengunjung saat dibuka, Rabu (20/5/2020).

    Sebelumnya Pemkab Ciamis menutup Toserba tersebut karena telah melanggar ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

    Saat dibuka, petugas dari Satpol PP, TNI-Polri dan petugas kesehatan telah bersiaga di lokasi pertokoan tersebut untuk mengantisipasi kerumunan massa dan mencegah penyebaran Covid-19.

    Pihak pengelola yang dikawal oleh Pemkab Ciamis mengatur para pengunjung. Mereka  wajib antre dan terlihat cukup panjang di pinggir jalan Perintis Kemerdekaan.

    BACA JUGA : 15 Karyawan Yogya Toserba Banjar Diisolasi

    Para pengunjung yang mayoritas emak-emak lebih tertib dengan menerapkan physical distancing. Mereka kebanyakan akan belanja untuk keperluan persiapan Hari Raya Idul Fitri. 

    Pihak pengelola membatasi pengunjung yang masuk ke dalam toko, 150 orang untuk bagian fashion dan juga bagian supermarket. Pengunjung terlebih dulu dicek suhu tubuh dan mencuci tangan. 

    Warga kemudian dipersilahkan duduk untuk menunggu giliran masuk bila ada pelanggan dari dalam toko telah selesai berbelanja dan meninggalkan toko.

    Asisten Daerah I Setda Ciamis, Ika Darmaiswara mengatakan, pengaturan pengunjung bukan hanya Toserba Yogya, namun juga toko lainya. Namun kebetulan toserba tersebut yang paling disorot karena terjadi kerumunan.  

    “Semua tempat pembelanjaan, pertokokan harus budayakan antri, terapkan protokol kesehatan, jaga jarak dan sosial distancing. Masyarakat harus disiplin dan sadar untuk menjaga supaya tidak terpapar,” ujarnya.

    Ika mengatakan, pelaku usaha dan para konsumen harus bekerjasama dengan baik. Saling menjaga guna mencegah penyebaran Covid-19.  

    “Masyarakat harus sadar, karena kami dari petugas juga terbatas, banyak tempat lain yang harus di awasi. Kami berharap masyarakat mentaati anjuran pemerintah, terutama jangan berkerumun, terapkan physical distancing,” tegasnya.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img