spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Bahar Smith dipindahkan ke Lapas Nusakambangan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Terpidana kasus penganiayaan remaja Bahar Smith dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Batu Nusakambangan, Jawa Tengah, Selasa (19/5/2020) malam.

    Pemindahan tersebut dilakukan setelah pendukung Smith menggeruduk Lapas Klas IIa Gunung Sindur Bogor.

    “Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusakambangan,” kata Kepala Bagian Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti.

    Sebelumnya, sejak Selasa (19/5) siang, puluhan pendukung Smith menyatroni Lapas Gunung Sindur.

    Mereka berusaha menemui Smith yang kembali ditangkap usai pencabutan izin asimilasi.

    BACA JUGA: Polda Kepri Tangkap Oknum Polisi Pelaku Penggelapan 83 mobil

    “Selama berkumpul dan berkerumun, para simpatisan pendukung Smith tersebut melakukan tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban, seperti berteriak-teriak dan melakukan tindakan provokatif yang mengakibatkan rusaknya pagar lapas,” kata Riska.

    Aksi tersebut dinilai dapat mengganggu kondusifitas Lapas Gunung Sindur yang banyak dihuni narapidana terorisme dan narkotika.

    “Lapas Gunung Sindur juga dihuni oleh narapidana kasus teroris dan Bandar narkoba, akan menjadikan kondisi yang tidak kondusif dan dapat mengganggu keamanan ketertiban apabila terjadi kerumunan massa,” ucap Rika.

    Selain itu, kerumunan massa simpatisan dalam jumlah besar tersebut juga telah melanggar protokol kesehatan penanganan COVID-19.

    Berdasarkan hal tersebut, Bahar Smith akhirnya dipindahkan ke Lapas Nusakambangan.

    “Habib Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusakambangan dengan pertimbangan untuk kepentingan keamanan, ketertiban, dan pembinaan bagi yang bersangkutan,” kata Rika.

    (Agung/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img