spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Zakat Digital, GoPay-Muhammadiyah Bantu Umat

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: GoPay bekerja sama dengan Muhammadiyah mempermudah umat Islam menunaikan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) secara digital, Sabtu (16/5/2020).

    Hal itu dilakukan guna mempercepat penyaluran bantuan ke para mustahik di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19).

    Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah K.H. Haedar Nashir mendukung ZIS digital karena diharapkan dapat optimal menjadi jaringan pengaman sosial.

    “Saat di tengah pandemi, mereka yang punya kewajiban berzakat atau mereka yang punya peluang berinfaq dan bersedekah memberikan apa yang dimiliki untuk orang lain, tanpa sekat tanpa dimensi keagamaan dan apapun,” kata Haedar.

    BACA JUGA: Video Detik-detik Terbakarnya 12 Petak Kontrakan di Ciamis

    Ketua Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Hilman Latief menjelaskan tentang potensi zakat di tahun ini.

    “Tahun ini, semua orang dan bidang terdampak padahal mereka berpotensi sebagai muzakki. Orang-orang biasanya berzakat baik melalui atau tidak melalui LAZ. Oleh karena itu, digital sangat membantu seluruh LAZ dalam memfasilitasi interaksi antara lembaga amil dengan musakihnya dan mustahiknya baik secara individual maupun lembaga,” ujar Hilman.

    Sementara itu, Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan, secara umum, GoPay melihat Peralihan ke ranah digital itu dapat dilihat mulai dari belanja, dan bayar tagihan hingga beribadah.

    “Kami melihat tren positif penggunaan sedekah digital oleh masyarakat dengan menggunakan GoPay. Transaksi GoZakat sendiri naik dua kali lipat sejak masa pandemi. Kami pikir ini adalah bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia sangat menghayati pentingnya donasi untuk membantu sesama di saat-saat sulit seperti ini,” ujar Budi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img