spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    KONI Kota Bandung Bagikan 500 Paket Sembako

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: KONI Kota Bandung memberikan bantuan paket sembako kepada atlet Pelatda PON XX Jabar asal Kota Bandung, karyawan serta warga terdampak Covid-19. Total paket sembako yang diberikan sebanyak 500 paket.

    Ketua KONI Kota Bandung, Nuryadi menuturkan, pemberian sembako, khususnya bagi atlet, merupakan salah satu program dari Bidang Mobilisasi Sumber Daya (MSD) yang salah satu misinya yakni menjamin kesejahteraan insan olahraga Kota Bandung.

    “Bidang MSD ini salah satu misinya adalah bagaimana mendorong pengusaha mendukung insan olahraga yang dianggap berhasil dalam berbagai hal. Jadi pemberian bantuan sembako ini adalah ide serta program dari Bidang MSD,” ujar Nuryadi di sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Jumat (15/5/2020).

    BACA JUGA: Insan Olahraga Jabar Kembali Tebar 2000 Paket Sembako

    Melalui kegiatan pemberian bantuan ini, diharapkan beban para atlet bisa sedikit terbantu ditengah pandemi Covid-19. Pasalnya, para atlet tidak pernah berhenti berlatih khususnya atlet yang tergabung di Pelatda PON XX Jabar.

    “Kalau di kondisi normal, mereka berlatih meski tidak ada pertandingan. Tapi di kondisi saat ini, mereka tak berhenti berlatih sementara pertandingan tak ada sehingga tak ada pemasukan karena biasanya ada uang pertandingan,” tambahnya.

    Nuryadi menambahkan, bantuan diberikan tidak ke semua atlet Kota Bandung. Pasalnya, jumlah atlet Kota Bandung eks Porda Jabar 2018 mencapai 10 ribu orang.

    “Jadi kita tentukan kriteria atlet apa yang mendapatkan bantuan sembako ini yakni atlet pelatda PON XX. Kenapa tidak semua atlet, karena keterbatasan anggaran yang kita miliki,” tegasnya.

    Sementara Ketua Bidang MSD KONI Kota Bandung, Yudi Diharja menuturkan, sebelumnya bidangnya memiliki program untuk menggelar fun run dengan mengundang pengusaha sebagai upaya mencari bapak angkat atlet dan atau cabang olahraga. Pasalnya, pelaksanaan gala dinner belum mampu menjangkau secara maksimal para pengusaha.

    “Semua rencana program yang sudah disusun batal digelar karena Covid-19 dan kita tak tahu kapan pandemi ini selesai,” ujar Yudi.

    Dalam kondisi saat ini, lanjutnya, semua pihak harus bergerak untuk mengubah sesuatu hal lebih bermanfaat. Melalui anggaran yang dimiliki, Bidang MSD menggunakan untuk pembelian sembako.

    “Kita berikan sembako bagi atlet pelatda PON XX Jabar asal Kota Bandung. Total sembakonya sebanyak 500 paket yang diberikan kepada 360 atlet, ditambah staf dan karyawan KONI Kota Bandung serta masyarakat sekitar,” terangnya.

    Untuk mekanisme penyerahan sembako, lanjutnya, dilakukan dengan memperhatikan imbauan dari pemerintah terkait social dan physical distancing. Yakni dengan menyerahkan kepada cabang olahraga untuk disampaikan kepada atlet yang bersangkutan.

    “Anggaran yang digunakan murni dari anggaran KONI Kota Bandung karena mengandalkan bantuan dari pengusaha atau sponsor sangat sulit untuk kondisi saat ini. Selain itu, saya secara pribadi menyumbang 100 buah APD yang akan disalurkan ke rumah sakit rujukan di Kota bandung. Ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada atlet dan warga yang terdampak Covid-19,” pungkasnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img