spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Ribuan Migran Asal Jabar akan Dipulangkan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan Ribuan pekerja migran asal Jabar segera dipulangkan ke Indonesia dalam waktu dekat, Selasa (12/5/2020).

    Pemulangan itu dilakuka oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di tingkat nasional, provinsi, sampai kabupaten dan kota.

    Kepala Disnakertrans jabar, Mochamad Ade Afriandi mengatakan pemulangan itu dilakukan berdasarkan protokol PSBB, seperti yang diatur oleh Kementerian Kesehatan RI.

    “Untuk saat ini penanganan kepulangan PMI dilakukan terpadu oleh gugus tugas di tingkat pusat, provinsi, sampai kabupaten dan kota. Dilakukan pemeriksaan di terminal kedatangan dan kalau PMI memenuhi syarat protokol kesehatan, dapat dilakukan karantina mandiri,” kata Ade.

    BACA JUGA: PPDB Jalur Zonasi, Siswa Tak Perlu Unduh Berkas

    Ade mengatakan, pihaknya menunggu konfirmasi dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

    WNl tersebut adalah pekerja, pelajar, mahasiswa, trainee atau peserta pemagangan, diplomat, kru alat angkut, pelaku perjalanan pemegang paspor lndonesia.

    “Setiap WNI yang masuk ke Indonesia wajib mengikuti prosedur kekarantinaan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan tambahan yang berlaku di Indonesia,” kata dia.

    Sebelumnya, Pemprov Jabar memproses kepulangan 124 WNI asal Arab Saudi, Thailand, dan Australia dalam dua gelombang kemudian dikarantina di fasilitas Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) di Kota Cimahi.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img