spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    3 Kandidat Bersaing Jadi Rektor UPI 2020-2025

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tiga kandidat calon akan bersaing untuk menjadi Rektor UPI periode 2020-2025. Ketiga kandidat tersebut yakni Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A., Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A., dan Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A.

    Ketiga kandidat tersebut ditetapkan sebagai calon Rektor UPI 2020-2025 melalui keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) UPI Nomor 10/KEP/MWA UPI/2020 tentang Penetapan Calon Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Masa Bakti 2020-2025. Keputusan tersebut ditetapkan pada tanggal 5 Mei 2020.

    “Itu berdasarkan hasil Sidang Pleno Senat Akademik tanggal 22 April yang telah menetapkan tiga calon Rektor UPI 2020-2025 dari empat bakal calon Rektor UPI yang memperoleh suara terbanyak,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Rektor UPI 2020-2025, Boyke Mulyana, Rabu (6/5/2020).

    Rektor UPI
    Tiga calon Rektor UPI dari kiri ke kanan: Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A.; Prof. Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A.; dan Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A. (FOTO: Istimewa)

    Sebelumnya, lanjut Boy, empat bakal calon Rektor UPI telah melalui serangkaian penyaringan alot. Mulai dari pemaparan ide dan gagasan di hadapan anggota senat, sivitas akademika, tenaga kependidikan, alumni, dan masyarakat.

    BACA JUGA: 3 Wilayah Zona Merah Covid-19 di Kota Bandung Diperketat

    Kegiatan pemilihan sendiri, diselenggarakan secara daring dengan video confrence dan proses pemilihan dilakukan dengan sistem e-voting. Sistem e-voting sangat penting mengingat proses yang dilakukan sangat khusus yakni para pemilik hak suara tidak berada dalam satu tempat dengan sekretariat dan gedung University Center yang menjadi lokasi presentasi bakal calon Rektor.

    Pemilihan melalui sistem e-voting dilakukan setelah tidak terjadi mufakat. Setiap anggota Senat Akademil melakukan pemilihan secara e-voting, yang masing-masing memilih 3 (tiga) orang calon rektor.

    Jika terjadi perolehan suara yang sama pada urutan akhir, dilakukan pemilihan ulang untuk bakal calon rektor yang bersangkutan sampai diperoleh 3 orang calon rektor. Jika bakal calon rektor tidak lebih dari 3 (tiga) orang, SA tetap memilih calon rektor untuk menentukan suara terbanyak masing-masing calon rektor.

    Setelah proses pemilihan di rapat pleno dilalui, Senat Akademik memberikan masukan dan menyerahkan daftar calon rektor kepada MWA dilengkapi kertas kerja masing-masing calon rektor.

    “Berdasarkan tahapan tersebut, maka ditetapkan tiga calon rektor yang berhak mengikuti tahapan berikutnya dalam proses pemilihan. Yakni penyajian kertas kerja, pemilihan dan penetapan Rektor UPI 2020-2025 dalam Sidang Pleno MWA UPI pada tanggal 15 Mei 2020. Setelah terpilih, baru akan dilantik pada 16 Juni 2020,” tegasnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img