spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Meteor Eta Aquarids bisa Dinikmati Malam ini

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Masyrakat indonesia dapat menikmati Puncak hujan meteor Eta Aquarids malam ini. Rabu (6/5/2020) dini hari. Anda bisa menikmati indahnya hujan meteor sambil sahur.

    Puncak hujan meteor ini diperkirakan bakal terjadi pada pukul 03.00 WIB hingga sebelum Matahari terbit.

    “Menurut International Meteor Organization, Eta Aquarids tidak punya puncak yang tajam. Biasanya sekitar tanggal 6-7 Mei dengan kisaran seminggu,” jelas Peneliti LAPAN Rhorom Priyatikanto,s eperti dilansir CNN.

    BACA JUGA: Ini Kisah Mushola langgar Merdeka yang Dulunya Toko Ganja

    Di Jakarta, diperkirakan pada puncak hujan meteor pengamat bisa menyaksikan 34 meteor per jam. Lokasi pemantauan terbaik di tempat tanpa polusi cahaya.

    Momen hujan meteor ini terjadi ketika Bumi melewati jejak lintasan Komet Halley yang berisi batuan dan es. Jejak ekor komet itu sebagian masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar, sehingga menyebabkan hujan meteor.

    Peristiwa terbakarnya jejak ekor Komet Halley ini terjadi dua kali. Pada bulan Mei dinamakan hujan meteor Eta Aquarids dan disebut Orionids jika terjadi pada Oktober.

    Melansir Fast Company, hujan meteor Eta Aquaridis dari debu komet Halley ini bisa disaksikan tanpa alat bantu teleskop.

    NASA mengatakan masyarakat hanya cukup beradaptasi dengan kegelapan langit selama 30-45 menit untuk menangkap momen hujan meteor itu.

    “Berikan mata Anda 30 hingga 45 menit untuk beradaptasi dengan gelap dan pandang langit seluas mungkin dengan berbaring,” ujar Kepala NASA Meteoroid Environment, Bill Cooke.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img