spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    TPU Cikutra Kota Bandung Yang Tergerus Longsor Dipindahkan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota Bandung memindahkan 37 makam di Tempat Pemakamanan Umum (TPU) Wilayah III Cikutra yang tergerus longsor akibat hujan lebat Jumat(1/5/2020) lalu. Selain itu, Pemkot juga membuat kirmir sementara sambil terus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

    “Ada tiga titik longsor di Cikutra, hari ini kita pindahkan sekitar 37 makam. Kita pindahkan makamnya ke tempat yang lebih aman. Khawatir hujan terus takutnya longsor lagi,” ucap Walikota Bandung, Oded M. Danial usai meninjau lokasi longsor di TPU Cikutra Kota Bandung Jawa Barat Minggu (3/5/2020).

    Oded mengaku telah berkomunikasi dengan BBWS agar masalah bantaran sungai Cidurian yang longsor tepat di lokasi TPU Cikutra bisa segera diatasi. Karena meski Pemkot Bandung bisa memperbaikinya, namun kewenangan sungai ini berada di bawah kewenangan BBWS.

    BACA JUGA: Pegawai Positif Covid-19, Pabrik Garmen Ditutup

    “Nanti kita akan atasi sementara. Sambil tadi juga saya telepon berkoordinasi dengan BBWS. Karena kalau mau permanen sungai itu urusannya ada di BBWS,” katanya.

    Meski begitu, Oded sudah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bandung untuk membuat tanggul sementara. Hal itu untuk mencegah longsoran terus meluas mengingat intensitas hujan yang masih tinggi melanda Kota Bandung dan sekitarnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Tata Ruang (Distaru) Bandung, Iskandar Zulkarnain menyatakan masih terus memindahkan jenazah dari makam yang terdampak longsoran. Pemkot Bandung akan mengamankan semua makam tak terkecuali milik pribadi.

    “Pemakaman hanya dialihkan jenazahnya saja. Dipindahkan ke blok G dan blok F. Karena yang tergerus itu di blok E dan ada sebagian F. Di situ ada wakaf 6 makam tidak dikelola oleh kita sebetulnya, tapi kita tangani juga,” kata Zulkarnain.

    (Yusuf Mugni/As)

    Berita Terbaru

    spot_img