spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    4 Kebiasaan buruk Harus Dihindari saat berbuka

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Memasuki bulan Ramadhan, ada sejumlah kebiasaan tak sehat yang tanpa kita sadari kerap dilakukan ketika sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan terutama saat berbuka puasa.

    kebiasaan salah yang berdampak pada kesehatan ini kerap tak disadari. Hal tersebut bisa membuat ibadah puasa yang dilakukan menjadi terganggu.

    berikut 4 kebiasaan tak sehat yang sering dilakukan saat berbuka puasa.

    1. Terlalu banyak makanan manis
    Konsumsi makanan manis saat berbuka puasa memang penting untuk mengembalikan energi tubuh yang sempat hilang. Namun jangan mengkonsumsinya terlalu banyak.

    Batasi konsumsi makanan manis agar tidak terjadi lonjakan gula darah secara tiba-tiba dan akhirnya malah akan membuat mengantuk.

    2. Makan tergesa-gesa
    Kondisi lapar yang dialami setelah berpuasa seharian terkadang membuat makan secara tergesa-gesa.

    Sayangnya, hal ini bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Sehingga, sangat disarankan untuk makan secara perlahan.

    3. Olahraga setelah berbuka
    Berpuasa bisa menyebabkan jam olahraga yang biasa dilakukan menjadi mundur. Salah satu pilihan adalah melakukan olahraga setelah berbuka.

    Baca Juga: Viral Video Kemunculan Bintang Turaya, Pertanda Berakhirnya Pandemi Corona?

    Jika ingin berolahraga, lakukan dua jam setelah berbuka puasa. Jeda waktu ini perlu untuk memberi waktu bagi tubuh mencerna makanan agar perut tetap terasa nyaman ketika olahraga.

    4. Merokok setelah berbuka
    Pada saat berpuasa, tubuh sangat membutuhkan oksigen untuk metabolisme. Jika fungsinya terhambat oleh karbondioksida, maka akan menderita badan lemas dan berisiko terkena anemia.

    Selain itu, tar adalah zat yang terkandung dalam rokok, dapat mengakibatkan darah orang yang berpuasa semakin kental.

    Zat ini bersifat lengket dan menempel pada dinding pembuluh darah, sehingga orang yang berpuasa akan mengalami kekurangan cairan. Ginjal pun akan dipaksa untuk bekerja lebih berat. Jadi, yang terbaik adalah meninggalkan rokok dan menjalankan pola hidup sehat.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img