spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Puasa Bukan Penghalang untuk Olahraga

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Puasa bukan sebuah penghalang untuk olahraga. Asalkan memperhatikan pola latihanya, justru dengan berolahraga saat puasa tubuh akan tetap fit.

    Demikian dikatakan Direktur RSUD Ciamis yang juga Dokter Tim PSGC Ciamis dr Rizali Sofyan, Rabu (29/4/2020)

    Menurutnya, melakukan aktivitas fisik dalam keadaan perut kosong tanpa asupan makanan dan minuman selama 13 jam, akan memudahkan pembakaran lemak-lemak membandel didalam tubuh kita, banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan selama berpuasa di bulan ramadan.

    ” Hal terpenting adalah kita harus tahu kapasitas diri sendiri serta tidak memaksakan kehendak, dan perlu dicatat, walau tubuh mampu mengerjakanya kita harus memberikan waktu istirahat yang cukup,” kata dr Rizali.

    BACA JUGA : Bukan Muslim, Cristiano Ronaldo Hafal Surat Al Fatihah

    Rizali menganjurkan,  dalam masa Social Distancing ini, sebaiknya kita berolahraga dengan intensitas sedang seperti Jogging, bersepeda, dan treadmil.

    ” Jangan terlalu berat ketika berolah raga sebelum berbuka karna tekanan darah menurun dan bisa menyebabkan kepala pusing,” ucapnya.

    Untuk Jadwal olahraga dr Rizali mengatakan,hendaknya diaesuaikan dengan kondisi tubuh, karena masing-masing individu memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Kalau kuat latihan dipagi hari itu bagus, menjelang buka puasa juga bagus, namun lebih baik dianjurkan pada sore hari atau saat setelah berbuka puasa.

    “Pastinya, Olahraga rutin harus tetap dilakukan untun membakar lemak berlebih sekaligus menjaga otot,” pungkasnya.

    (Riza M Irfansyah/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img