spot_img
Sabtu 13 Juli 2024
spot_img
More

    Ini Tips Menyimpan Telur Agar Tahan Lama saat #DiRumahAja

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Telur merupakan sumber protein yang penting untuk tubuh. Selain itu, telur juga menjadi salah satu makanan praktis. Tak heran jika banyak orang kerap menjadikan telur sebagai salah satu stok makanan yang selalu ada di rumah. Ikuti tips menyimpan telu agar lebih awet.

    Meski memiliki tanggal kadaluarsa, telur umumnya tetap bisa tahan lama. Proses pembekuan jadi salah satu cara membuat telur tahan lama. Anda bisa mendapatkan telur kwalitas tinggi disini.

    Mengutip The Spruce Eats, berikut tips menyimpan telur yang bisa Anda coba.

    1. Simpan dalam wadah bawaan
    Satu cara yang bisa Anda lakukan adalah membiarkan telur berada di dalam wadah aslinya. Wadah asli-yang umumnya terbuat dari karton-menjaga telur tetap segar. Selain itu, wadah juga mencegah telur menyerap rasa dari makanan lain yang ada di dalam kulkas.

    Anda juga tak perlu menyimpan telur di kompartemen bawaan yang umumnya berada di pintu kulkas. Sebagai gantinya, simpan telur bersama dengan wadahnya di kompartemen utama kulkas.

    Baca juga: Idul Fitri 2020 Ayam Pedaging Diprediksi Hilang Di Pasaran

    Food and Drug Administration (FDA) mengatakan, telur yang disimpan dengan cara ini akan tahan hingga 3-5 pekan.

    2. Tak perlu dicuci sebelum disimpan
    Anda tak perlu mencuci telur sebelum menyimpannya. Telur memiliki lapisan alami yang membuatnya tahan terhadap bakteri. Dengan cara itu, telur akan tetap segar dalam waktu yang lebih lama.

    Jika ingin mencucinya, lakukan sebelum Anda mengolahnya. 

    3. Dibekukan
    Jangankan hitungan pekan, Anda bahkan dapat menyimpan telur selama setahun dengan cara membekukannya.

    Umumnya, pembekuan dilakukan dengan memisahkan bagian putih dan kuning telur. Perlu dicatat, Anda tak bisa membekukan telur secara utuh bersama dengan kulit atau cangkangnya.

    Anda juga tak bisa membekukan telur rebus yang masih tertutup kulit. Membekukan telur rebus hanya akan membuat putih telur mengeras dan berair.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img