spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kades Harus Siapkan Tempat dan Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dengan tegas mengintruksikan kepala desa untuk menyiapkan tempat pemakaman berikut petugasnya, untuk jenazah terkait Covid-19 di Ciamis.

    Penegasan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati No. 469 / 460 – DPRKPLH.03 tentang Penyediaan Pemakaman untuk Pasien / Korban Covid-19.

    baca juga: Pemkab Ciamis Minta Warganya di Perantauan Tidak Mudik

    Ada empat poin intruksi yang harus dilakukan kepala desa dalam surat edaran tersebut, yakni:

    1. Menyedakan tempat pemakaman untuk pasien/korban Covid-19 yang merupakan penduduk sesuai administrasi kependudukan yang dimiliki pasien/korban Covid-19.

    2. Menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai Protokol Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Pasien/Korban Covid-19.

    3. Menyiapkan petugas pemakaman untuk melaksanakan pemakaman sesuai Protokol Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Pasien/Korban Covid-19.

    4. Melengkapi petugas pemakaman dengan Alat Perlindungan Diri (APD) sesuai standard WHO.

    Kendati demikian, dalam melaksanakan persiapan tersebut diminta tetap berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan Puskesmas setempat.

    Juru bicara PIK Covid-19 Ciamis dr Bayu Yudiawan mengatakan intruksi bupati ini sebagai antisipasi dan persiapan lebih awal, melihat situasi di daerah lain ada penolakan jenazah pasien / korban corona, sehingga terombang ambing dalam pemakamannya.

    “Jadi semua bisa disiapkan lebih awal, dan sosialisasi surat edaran ini selanjutna ditindklanjut dinas terkait, yakni DPMPD,” kata Bayu.

    (DH)

    Berita Terbaru

    spot_img