spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Dispora Ajak Pemuda dan Pegiat Olahraga Cegah Penyebaran Covid-19

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat, Engkus Sutisna mengajak seluruh pemuda dan pegiat olahraga turut serta menyikapi penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

    Ada dua program yang bisa dilaksanakan yaitu sosialisasi secara masif dan melakukan koordinasi yang lebih terarah. Terlebih, pihaknya saat ini menjadi bagian dari Gugus Tugas Divisi Pemberdayaan Aparatur Masyarakat. 

    “Ada dua program yang kita mulai laksanakan dan akan terus kita sosialisasikan. Pertama, kita membuat sosialisasi secara masif, protokol kesehatan Covid-19 juga dalam rangka mendukung pembatasan sosial berskala besar (PSBB),” ujar Engkus, Selasa (7/4/2020).

    Dalam hal ini, pihaknya akan melibatkan para pemuda di Jabar baik secara pribadi maupun organisasi. Media sosial pun menjadi senjata untuk menyebarkan informasi penting dan akurat kepada masyarakat terkait isu Covid-19.

    Baca juga: Bakesbangpol Jabar Ajak Kabupaten/Kota Akselerasi Penanganan Covid-19

    “Sekarang kan teman teman pemuda rata-rata memiliki atau aktif dalam media sosial. Jadi kita imbau dalam media sosial mereka apakah itu Facebook, IG (Instagram), Twitter, ataupun medsos lainnya,” katanya.

    Disamping melakukan pembatasan hubungan sosial, pihaknya berharap para pemuda pun bisa mensosialisasikan informasi-informasi tentang masalah keprotokolan Covid-19. Sumber informasi yang disebarkan pun yang benar-benar valid. 

    “Bersumber dari grup WA (WhatsApp) Gugus Tugas, kemudian kita punya yang memang resmi, kemudian dari kementerian kesehatan dan sebagainya. Jadi dijamin itu tidak hoax,” tambahnya.

    Sejauh ini, kata dia, Dispora Jabar telah menggandeng mitra kerja Sarjana dalam Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga (SP3OR) sekitar 110 orang. Mereka pun turut serta mensosialisasikan informasi kepada masyarakat terkait antisipasi Covid-19 ini. 

    Pola sosialisasi yang dilakukan oleh mitra kerja SP3OR ini yakni melanjutkan informasi dari Dispora Jabar kepada masyarakat. “Kita kan punya Facebook dan IG Dispora. Nah mudah-mudahan dengan kita ke depan itu akan ada khusus sumber informasi dari Dispora tadi,” ucapnya. 

    Pihaknya berharap, seluruh lapisan pemuda Jabar berpartisipasi aktif menyebar luaskan berita positif sambil mencegah berita hoak. Karena itu, dengan gerakan yang dilakukan oleh pemuda maupun mitra kerja Dispora Jabar akan meningkatkan kesadaran dari masyarakat, khususnya dalam pencegahan. 

    “Saat kita sosialisasikan memakai masker, ya bisa semuanya menggunakan masker. Kalau kita informasikan, tinggal di rumah ya tinggal di rumah,” tegasnya.

    Saat ini, lanjutnya, sudah terbentuk beberapa relawan pada sejumlah organisasi. Seperti yang dikoordinasikan KNPI, Pramuka juga Karang Taruna. 

    Dispora Jabar telah melakukan komunikasi dengan para relawan tersebut. Ke depan diharapkan dapat lebih terkoordinasi, mengingat partisipasi yang dilakukan para relawan dalam menyikapi pandemik virus Corona sangat positif.

    “Jadi mereka saat ini banyak yang bergerak melaksanakan penyemprotan disinfektan dan lain-lain. Kita sedang berupaya memfasilitasi relawan dari berbagai organisasi agar lebih terkoordinir dengan optimal sehingga kita bisa tahu berapa organisasi yang memiliki relawan dan sebagainya. Itu yang kita lakukan mengajak lapisan pemuda dan pegiat olahraga,” pungkasnya.

    (Asep/ars)

     

    Berita Terbaru

    spot_img