spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Setop Saling Menyalahkan Dalam Penanganan Covid-19

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sekretaris GP Ansor Jawa Barat Johan Jauhari Anwari meminta masyarakat ikut turun tangan melawan pandemi virus corona (Covid-19) sesuai dengan peran masing-masing.

    Johan mengatakan, saat ini pemerintah bertugas menjadi dirijen utama pada proses penanganan covid-19 sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Sudah bukan saatnya saling menyalahkan dan menunjuk siapa yang paling bertanggungjawab dalam hal ini.

    “Kita semua harus memberikan kontribusi dan saling mendukung sesuai perannya masing-masing,” kata Johan, Senin (30/3/2020).

    Lanjut Johan, tenaga medis mulai dari dokter sampai cleaning service sudah seharusnya mendapatkan dukungan dan doa dari masyarakat agar tetap sehat dan semangat dalam bertugas sebagai garda terdepan penanganan virus corona. Sebagai masyarakat, lanjutnya, sudah seharusnya turut berperan dalam menjaga pola hidup sehat secara mandiri dan saling mengingatkan antar masyarakat.

    “Masyarakat sudah seharusnya mengerti penanganan ini, jangan malah saling curiga karena kita tidak ada yang tahu persis siapa yang terkena atau tidak sebelum ada hasil tes medis,” ucapnya.

    Baca juga: Mudik Sulit Dilarang, Ini Pesan Anggota DPRD Jabar bagi Pemudik

    Disamping itu, kata Johan, semua harus mengambil hikmahnya dari kejadian ini. Paling tidak, saling mengedukasi pola hidup sehat yang paling mendasar seperti cuci tangan dan kaki menggunakan sabun sebelum berinteraksi dengan keluarga.

    “Kesadaran dari hal yang mendasar akan menjadi pencegahan penularan bagi kita semua,” ujar Johan.

    Johan menambahkan, alangkah baiknya dalam setiap sujud kepada Tuhan diselipkan doa agar diberikan kekuatan menghadapi kejadian ini dan semua diangkat akibat negatifnya.

    “Secara hakekat, semua kejadian di dunia ini atas kehendak Allah SWT Sang Maha Berkehendak. Termasuk kemunculan pandemi Corona saat ini. Maka dari itu, memintalah kepada Allah agar wabah ini semuanya diangkat,” tuturnya.

    (As/ars)  

    Berita Terbaru

    spot_img