spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    AS-Cina Kembali Kerja Sama Gegara Corona

    AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.id: Amerika Serikat (AS) dan Cina Kembali menjalin kerja sama. Kali ini kedua negara yang sempat berselisih itu sepakat bekerja sama melawan virus Corona yang menjadi pandemi di beberapa negara dunia.

    Kerjasama keduanya terjalin setelah Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump melakukan komunikasi via telepon. Percakapan telepon itu dilakukan setelah China dan AS saling perang kata-kata terkait virus Corona dalam beberapa pekan terakhir.

    Trump melalui akun Twitter pribadinya menceritakan percakapan singkat keduanya. Dia mengaku terlibat obrolan baik dengan Xi.

    “Baru saja menyelesaikan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari Cina. Membahas sangat detail soal virus Corona yang merusak sebagian besar planet kita,” tulis Trump via akun Twitter-nya, @realDonaldTrump.

    Baca Juga: Pasutri Positif Corona di Aceh, 1 Kecamatan Diisolasi

    “Cina telah melalui banyak hal dan telah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang virus (Corona). Kita bekerja bersama secara erat. Banyak hormat,” cuit Trump, seperti dilasnir Detik, Sabtu (28/3/2020).

    Hal positif juga diutarakan Presiden Xi, menurut laporan media nasional Cina menyebutkan bahwa Xi mengungkapkan harapannya kepada Trump agar AS mengambil langkah substantif untuk meningkatkan hubungan Cina-AS.

    Xi juga menyerukan agar Cina dan AS bekerja bersama dalam menangkal virus Corona.

    “Beijing berharap untuk terus berbagi semua informasi dan pengalaman dengan AS,” demikian sebut televisi nasional Cina, CCTV.

    “Penyakit menular merupakan musuh umum bagi umat manusia dan tidak mengenal perbatasan atau ras,” kata Xi.

    Xi juga mengatakan sejumlah provinsi, kota dan perusahaan di Cina telah memberikan pasokan medis dan dukungan bagi AS. Ini diharapkan bisa membantu AS memerangi wabah Covid-19.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img