spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Berjemur di Bawah Sinar Matahari Dapat Matikan Covid-19?

    FOKUSJabar.id: Merebaknya virus corona (Covid-19) membuat warga di seluruh negara antusias mencari penangkal, salah satunya dengan berjemur di bawah sinar matahari. Lantas banyak orang yang dengan sengaja berjemur di bawah sinar matahari untuk mencegah terjangkitnya Covid-19 ini.

    Salah satu dokter ahli gizi dan magister filsafat, Dr dr Tan Shot Yen menyoroti dan membantah pemahaman masyarakat mengenai hal ini. Dia mengatakan bahwa pemahaman menjemur badan di bawah sinar matahari secara langsung dapat mematikan virus corona yang sekedar menempel ataupun yang ada di dalam tubuh adalah keliru.

    Seperti yang dilansir Kompas, dalam Facebook Live Tan, Sabtu (21/3/2020), menurut Tan, pemahaman seperti ini keliru dan harus diluruskan.

    “Berjemur badan atau kena matahari itu tidak sama dengan seperti menggoreng virusnya,” ucap Tan.

    Diakuinya, bahwa mematikan kuman yang saat terpapar sinar matahari dan direbus dengan suhu tinggi itu ada. Namun, tidak benar dengan berjemur di bawah sinar matahari dan virus corona di dalam tubuh manusia bisa mati.

    Baca Juga : Virus dan Bakteri, Bahaya Mana?

    “Tidak benar manusia dengan berjemur di bawah sinar matahari dapat mematikan corona. Ultraviolet digunakan cara mematikan kuman itu masih dalam penelitian,” ucap dia. Contoh lain, kata dia, di luar negeri perihal yang masih kontroversial di medis internasional adalah ultraviolet yang digunakan untuk melakukan desinfeksi pada kendaraan. “Berjemur badan itu tidak mematikan kuman yang menempel di tangan kita atau yang ada di dalam tubuh kita,” terangnya.

    Manfaat berjemur di bawah sinar matahari

    Jangan berkecil hati walaupun berjemur badan tidak dapat membunuh virus corona, akan tetapi dengan berjemur badan dapat menghasilkan vitamin D3 yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin ini hanya bisa dihasilkan dan didapatkan di dalam tubuh tanpa adanya overdosis dari cahaya matahari pagi.

    “The shunsine vitamine, vitaminnya matahari adalah vitamin D3,” lanjutnya. Dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga dan membangun tulang yang kuat.

    (Ew)

    Berita Terbaru

    spot_img