spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    DMI : Cegah Covid-19 Masjid Agung Ciamis Dibersihkan Pakai Disinfektan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis ikut berupaya mengantisipasi Corona (covid-19). Caranya dengan mengeluarkan imbauan kepada seluruh pengurus masjid untuk membersihkan masjid dengan disinfektan.

    Ketua DMI Ciamis Wawan S Arifien menjelaskan dalam edaran itu, pihaknya menginstruksikan kepada DKM untuk melaksanakan program kebersihan sehari dua kali, menyedot karpet siang pukul 10.00 WIB dan malam hari setelah salat isya.

    “Kami sudah mengeluarkan edaran kepada 27 Masjid Besar dan 3.800 Majid Jami se Ciamis agar dibersihkan,” katanya.

    Dia menjelaskan karpet di masjid harus dibersihkan dengan menggunakan serbuk khusus tanpa air. Bagi yang tidak menggunakan karpet, lantai dipel pakai disinfektan sebanyak 5 kali sebelum salat berjamaah dilaksanakan.

    “Kami mengawalinya di Masjid Agung Ciamis, sudah rutin dilaksanakan. Menjaga kebersihan dan menjaga sanitasi air, itu juga harus dilaksanakan di masjid di Ciamis,” ujar Wawan saat ditemui di Masjid Agung, Rabu (18/3/2020).

    Baca Juga : Edy Rahmayadi: Jangan Tinggalkan Masjid karena Takut Corona

    DKM juga harus mengingatkan jemaah untuk membawa alas atau sajadah dari rumah. Bagi kaum perempuan juga sebaiknya membawa mukena sendiri. Setiap majid wajib menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun di setiap tempat wudhu.

    Antisipasi DMI Kabupaten Ciamis

    Bagi jemaah sedang sakit sebaiknya salat di rumah sampai sembuh. Pihak DMI bukan melarang berjamaah tapi untuk antisipasi agar tak menular ke jemaah lainnya. Sementara ini juga tak ada kegiatan itikaf.

    “DKM juga harus menginventarisir para jemaah sekitar lingkungan. Bila ada yang memiliki gejala corona, sebaiknya dibantu dibawa ke rumah sakit,” jelas wawan.

    DMI juga tidak mengijinkan masjid untuk menggelar tablig akbar dengan pengerahan massa besar. Kecuali pengajian rutin yang jumlah jemaahnya tidak sampai 50 orang. Mengimbau setiap khatib dan penceramah di Desa dan Kecamatan menyampaikan materi kebersihan dan terkait virus covid-19.

    “Dari kejadian ini kita harus ambil hikmahnya, seperti menjaga kebersihan masjid, jangan sampai masjid jadi sepi, tapi harus lebih makmur lagi. Kita sudah berikhtiar maksimal, tapi juga harus berdoa mengembalikan semuanya kepada sang pencipta,” tuturnya. (riza irfansah/dar)

     

    Berita Terbaru

    spot_img