spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Tertimpa Matrial Longsor, Rumah Warga di Situmandala Ciamis Rusak

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat membuat tebih setinggi 10 meter amblas menimpa rumah warga, Selasa (10/03/2020).

    Kepala Desa Situmandala, Dadang mengatakan, kejadian tanah longsor bermula saat hujan deras sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah itu, ada warga yang mengabarkan bahwa terjadi longsor dan menimpa rumah warga.

    Adapun rumah yang tertimpa Longsor milik Dudung Fitriatna (25), warga RT005/034, Dusun Bunihilir, Desa Situmandala. Kerugian ditaksir sekitar Rp30 juta. Beruntung peristiwa itu tak menimbulkan korban jiwa maupun luka. 

    “Material tanah longsor menimpa rumah hingga mengakibatkan seluruh bagian dinding rumah jebol,” ungkapnya.

    Unsur Forkopimcam, Pemdes Situmandala dan Babinsa Situmandala dari Koramil 1310/Rancah turun langsung melakukan gotong royong. 

    Babinsa Desa Situmandala, Sertu Iwan mengatakan, pihaknya mengevakuasi matrial tanah longsor dibantu warga setempat dengan menggunakan alat seadanya. 

    Pihaknya mengimbau warga untuk berhati-hati terutama jika hujan deras. Khususnya mereka yang tinggal dekat perbukitan disarankan pindah sementara ke tempat yang lebih aman.

    Pihaknya pun membuka posko darurat dengan melibatkan TNI-Polri dan relawan kebencanaan yang akan bersiaga setiap saat. Posko tersebut di Koramil 1310 Rancah.

    “Masyarakat diminta segera \lapor bila ada bencana. Dengan begitu, cepat mendapat bantuan penanganan,” pungkas Iwan.

    (andri/bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img