Sabtu 24 Oktober 2020

Tangkal Corona dengan 4 Tanaman Herbal

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Korban virus Corona terus berjatuhan. Di Indonesia tercatat sudah ada tiga yang menjadi korban sedangkan di negara-negara lain jumlahnya juga terus bertambah.

Menurut catatan WHO, hingga kemarin tercatat 90.428 kasus di seluruh dunia dengan penyebaran ke 76 negara. Negara dengan virus corona Covid-19 terbanyak adalah tempat asal virus tersebut menyebar yaitu Cina dengan 80.144, disusul Korea Selatan dengan 4.335 kasus, Italia 2.036 kasus, Iran 1.501 kasus, dan Jepang dengan 274 kasus.

Secara total, jumlah korban meninggal akibat virus corona COVID-19 mencapai 3.117. Sedangkan jumlah korban yang sembuh yang lebih banyak lagi. China melaporkan bahwa lebih dari setengah korban virus tersebut sudah mulai sembuh. Tercatat, pasien yang sembuh mencapai 47.945 orang atau sekitar 53 persen.

Memang belum banyak diinformasikan obat yang digunakan untuk menyembuhkan pasien Corona. Tapi Guru Besar Biologi Molekuler dari Universitas Airlangga Prof. Dr. drh. Chaerul Anwar Nidom menyebutkan rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan temulawak bisa menangkal penyebaran virus yang mematikan tersebut. Alhamdulillah, semua rempah-rempah tersebut ada di Indonesia.

“Syaratnya, konsumsi bahan-bahan alami tersebut secara rutin. Itu bisa mencegah masuknya virus tersebut ke dalam tubuh kita,” jelas Nidom.

Nidom menjelaskan, rempah jahe, kunyit, dan temulawak bisa menghambat badai sitokin di dalam paru-paru karena mengandung curcumin.

BACA JUGA: Covid-19, Trump akan Akhiri Hubungan dengan WHO

Badai sitokin adalah kondisi saat sistem imun tubuh melawan virus dan ini biasanya terjadi saat adanya infeksi berat atau sepsis. Jadi, dengan menangkal badai sitokin dengan curcumin, tubuh akan bisa lebih kuat dalam melawan virus korona.

Oleh karena itu, FOKUSJabar.id menyarankan Anda semua untuk memanfaatkan jahe, kunyi, dan temulawak untuk meningkatkan imunitas menghadapi virus Corona dengan memperbanyak konsumsi ketiga herbal tersebut.

Apalagi pengolahannya sangatlah mudah. Bisa dengan menjadikannya bumbu masak maupun diolah menjadi minuman segar.

Yuk kita coba dalami manfaat ketiga tanaman ini.

1. Jahe
Jahe sudah sangat terkenal manfaatnya bagi kesehatan karena kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya. Jahe juga mengandung senyawa gingerol yang mampu melawan inflamasi dan menetralkan asam lambung. Jika dikonsumsi rutin, jahe bisa meningkatkan imun tubuh dan melawan infeksi. 

Pencegahan virus corona bisa menggunakan jahe karena fungsi rempah tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, Anda tidak mudah terserang penyakit apa pun, termasuk virus Covid-19. 

Orang Jawa Barat sangat akrab dengan Jahe karena mengolahnya menjadi minuman Bandrek yang sering diminum saat musim dingin atau penghujan sekarang ini. Carannya mudah. Iris Jahe kemudian memarkan. Digodok dengan gula merah yang banyaknya menyesuaikan. Setelah mendidih, bisa disajikan dengan hangat.

Membuat minuman Jahe secara tradisional lebih baik daripada membeli minuman Jahe instans. Memang sedikit ribet, tapi manfaatnya jauh lebih baik.

2. Kunyit
Kunyit memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Zat pewarna kuning tersebut diduga mampu membantu proses penyembuhan pada tubuh. Kunyit juga bisa dijadikan obat alami menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan aktif curcumin bersifat antioksidan dan zat antiinflamasi yang bermanfaat meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan infeksi, peradangan, mencegah beberapa penyakit degeneratif, dan lain sebagainya. 

Kunyit memang sudah lama dijadikan tanaman obat-obatan karena ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit. Sehingga, manfaat bahan dapur ini sudah banyak dirasakan oleh masyarakat. 

Lazimnya, Kunyit dijadikan bumbu masak. Aneka makanan yag kuahnya berwarna kuning pasti memakai kunyit. Bila tidak diulek, Kunyit biasanya dijadikan bumbu dengan diiris. Sebaiknya, irisan-irisan Kunyit tersebut kita makan mengingat khasiat yang dikandungnya sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita.

3. Temulawak 
Temulawak dikenal memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Temulawak mengandung kurkumin sebanyak 1,60 % – 2,20 %. Selain kurkumin, temulawak juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin, karbohidrat, kalsium.

Temulawak dikenal juga sebagai tanaman obat-obatan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Hal itu dikarenakan bahan alami tersebut mengandung mineral, nutrisi, kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, dan selulos. 

Dengan kandungan yang dimiliki temulawak, obat herbal ini bisa digunakan oleh semua kalangan yang ingin hidup sehat. Jadi, disarankan masyarakat jangan meragukan khasiat dari temulawak tersebut karena obat alami ini bisa meningkatkan imunitas, stamina, mencegah kanker, masuk angin, dan lain sebagainya.

Temulawak dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional dan modern. Bila di pasar tradisional carilah di tempat penjual bumbu. Cara pengolahannya sama dengan Jahe.

4. Serah
Manfaat sereh untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Untuk mendapatkan manfaat sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung sereh. Teh serai tidak hanya membuat badan merasa enak dari dalam. Caranya potong serai, memasukkannya ke dalam air mendidih, dan biarkan  selama 10-15 menit.

Bisa diminum hangat atau dingin. Bila ingin manis, tambahkan madu jangan memakai gula.

Itulah sekilas manfaat Jahe, Kunyit, Temulawak, dan Sereh. Semoga bermanfaat. Selamat mempraktekkan di rumah. Sehat selalu untuk para pembaca FOKUSJabar.id.

(refa)

Artikel Lainnya

2 Nelayan Ditemukan Selamat, Bupati Garut: Ini Mukjizat

GARUT,FOKUSJabar.id: Dua orang nelayan (Ara dan Oih) warga Kampung/Desa...

Jalan Penghubung 2 Desa di Panawangan Ciamis Rusak Parah

CIAMIS,FOKUSJabar.id : Jalan penghubung Desa Panawangan dan Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jabar rusak parah. Terlebih saat musim penghujan sangat membahayakan para pengendara.  Menurut warga...

Ini Kebiasaan di Pagi Hari Yang Bisa Turunkan Berat Badan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Banyak cara yang dilakukan orang untuk bisa menurunkan berat badan. Mulai dari fokus jenis makanan yang hendak dikonsumsi, melakukan diet ketat, hingga rutin...

Mangrove Pemulih Ekonomi di tengah Pandemi

INDRAMAYU,FOKUSJabar.id: Penanaman mangrove diharapkan menjadi harapan baru guna pemulihan ekonomi. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa Pemprov Jabar mendukung program...

Dinkes Kota Bandung Minta Warga Lapor Jika Swab Test Lebih dari Rp900 Ribu

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinkes Kota Bandung, Jabar, Rita Verita mengimbau apabila ada warga yang melakukan tes swab dengan harga di atas ketentuan yakni Rp900 ribu...

Polsek Pataruman Ungkap Pejual Miras Berkedok Warung Jamu

BANJAR,FOKUSJabar.id: Polsek Pataruman Kota Banjar ciduk pengedar minuman keras (Miras) berkedok warung Jamu di dilingkungan Babakansari, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jabar. Minggu...

Mangrove Pemulih Ekonomi di tengah Pandemi

INDRAMAYU,FOKUSJabar.id: Penanaman mangrove diharapkan menjadi harapan baru guna pemulihan ekonomi. Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa Pemprov Jabar mendukung program...