spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Leuwi Hieum Ditunggui Nenek Arinah, Ini Ceritanya !

    CIAMIS,FOKUSJabar.id : Leuwi Hieum yang berada di aliran Sungai Cipalih Dusun Pasirpeuteuy Desa Pawindan Kecamatan/Kabupaten Ciamis Jawa Barat, menurut cerita rakyat setempat pernah dihuni oleh sosok putri jelita dengan berpakaian layaknya ratu kerajaan.

    Seperti diceritakan Jenal (75) warga setempat, sosok putri jelita disebut bernama Nini Arinah. Diceritakan mahluk astral itu kalau kebetulan ada yang memergokinya kadang-kadang seperti seorang nenek-nenek.

    “Menurut orangtua saya dari buyutnya mahluk itu suka menjelma sebagai seorang nenek-nenek dengan berpakaian kebaya hijau dan kain samping motif loreng,” katanya.

    Namun penampakan mahluk tersebut tidak selamanya berpenampilan seperti nenek-nenek, sewaktu – waktu juga menampakan diri seperti seorang gadis jelita.

    “Mungkin bagaimana hati orang yang melihat penampakan mahluk itu . Kalau hatinya bersih mungkin yang dilihatnya seorag putri jelita tetapi kalau hatinya kotor maka yang terlihat seorang nenek-nenek,” ucapnya.

    Diceritakan Leuwi Hieum tersebut konon ada penunggunya. Bahkan masyarakat mempercayai itu. Bahkan saat musim Sumbangan Dana Sosial Berhadiah (SDSB) beberapa tahun lalu, banyak para pecandu judi tersebut mendatangi Leuwi hieum untuk cari nomor.

    “Entah apa tujuan mereka datang kesana, apakah memang ngalap berkah dari sana atau apa karena saya tidak mengetahui tujuan pasti mereka,” jelasnya.

    Namun, seiring dengan jaman semakin maju dan masyarakatpun sudah mengetahui bahwa perbuatan tersebut bisa dianggap sirik, maka saat ini sudah tidak ada lagi masyarakat yang datang ke Leuwi Hieum hanya untuk bersemedi.

    “Alhamdulilah untuk saat ini saya sudah tidak melihat lagi orang-orang yang bersemedi di tempat itu,” ungkapnya. ( Husen Maharaja /DH)

    Berita Terbaru

    spot_img