Minggu 20 September 2020

Dispora dan KONI Kota Bandung Gelar Tes Fisik Atlet Potensial

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sekitar 500 atlet potensial dari 62 cabang olahraga di Kota Bandung mengikuti pelaksanaan tes fisik yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung bekerjasama dengan KONI Kota Bandung. Kegiatan tes fisik atlet potensial Kota Bandung digelar di Gymnasium UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, selama tiga hari Jumat (28/2/2020) sampai Minggu (1/3/2020).

Kepala Dispora Kota Bandung, Edi Marwoto menuturkan, kegiatan yang digelar melalui kerjasama dengan KONI Kota Bandung dan FPOK UPI ditujukan untuk mengetahui kondisi fisik para atlet potensial. Para atlet tersebut, diproyeksikan untuk gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022. 

“Kita harus tahu kondisi fisik awal atlet yang akan dipersiapkan untuk Porprov Jabar 2022. Melalui tes fisik ini, pihaknya ingin mengetahui kondisi fisik awal para atlet. Kita monitoring melalui berbagai jenis tes fisik mulai tes agility, strenght, hingga fleksibilitas,” ujar Edi saat ditemui di sela-sela pelaksanaan tes fisik, Minggu (1/3/2020).

Hasil dari pelaksanaan tes fisik tersebut, lanjutnya, akan diberikan kepada pelatih cabang olahraga masing-masing sehingga mengetahui sejauh mana kondisi fisik atlet mereka. Dengan mengetahui kondisi fisik setiap atletnya, para pelatih diharapkan mampu meningkatkan kemampuan fisik atletnya tersebut.

“Kondisi fisik ini kan menunjang juga pada prestasi atlet. Kalau kondisi fisiknya lemah, bagaimana bisa mencetak prestasi maksimal,” tambahnya.

Program tes fisik ini, diharapkan bisa menjadi sebuah kegiatan kontinyu dan berkesinambungan. Bahkan kedepan, pihaknya berharap KONI Kota Bandung bisa memiliki peralatan untuk melakukan tes kondisi fisik para atletnya.

“Kita lihat lihat prioritas berikutnya, karena kalau dari sisi anggaran jelas terbatas termasuk untuk jumlah atlet. Kalau memang ini sangat dibutuhkan, kita harap KONI bisa punya alat ini sehingga kita bisa melakukan tes fisik sendiri. Kita akan upayakan mengajukan bantuan ke Kemenpora karena alatnya cukup mahal,” tuturnya.

Setelah diketahui kondisi fisik atlet, program selanjutnya mengarah pada peningkatan kemampuan teknik maupun strategi. Dengan demikian, kemampuan yang dimiliki atlet Kota Bandung makin lengkap untuk mencapai prestasi tertinggi.

“Target kita dari pemerintah dan dewan, Kota Bandung harus kembali menjadi juara umum pada Porprov Jabar 2022. Karena dukungan anggaran yang diberikan harus diimbangi dan dijawab dengan prestasi,” tegasnya.

Ketua KONI Kota Bandung, Nuryadi menuturkan, atlet yang mengikuti tes fisik kali ini diserahkan kepada cabang olahraga yang bersangkutan. Pasalnya, cabang olahraga lebih mengetahui karakteristik dan potensi yang dimiliki masing-masing atletnya.

“Antusiasme sangat tinggi, bahkan banyak cabang olahraga yang melibatkan atlet usia dini. Seperti di senam dan sepatu roda. Hasil tes fisik ini menjadi data awal bagi kita,” pungkas Nuryadi.

(Ageng)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Diskar PB Kota Bandung Lakukan Penyemprotan Disinfektan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggencarkan kembali penyemprotan disinfektan...

25 Hari Melatih, Laszlo Boloni Dipecat

JAKARTA,FOKUSJabar.id: 25 hari melatih atau jelang laga kualifikasi Liga Champions versus Rapid Vienna Austria, klub Liga Belgia AA Ghent memecat pelatih Laszlo Boloni, Senin...

Ini Kata Febri Setelah Uji Coba versus Bandung United

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gelandang Persib Bandung, Febri Hariyadi mendapat banyak pelajaran dari pertandingan uji coba versus Bandung United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota...

Janda Anak 1 Penjual Sabu-sabu di Mataram Ditangkap Polisi

MATARAM,FOKUSJabar.id: Kasat Resnarkoba Polresta Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), AKP Elyas Ericson mengatakan, pihaknya menangkap janda berinisial MU (28) terduga penjual sabu-sabu, Selasa (15/9/2020)...

Pilkada Pangandaran, ASN Diingatkan Tetap Netral

PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Menjelang Pilkada Pangandaran 2020, Pemkab Pangandaran mendeklarasikan gerakan netralitas ASN. Acara tersebut dirangkaikan dengan upacara Hari Kesadaran Nasional di Halaman Kantor Pemkab...

Langgar Protokol Kesehatan, Rumah Makan dan Restoran Kena Sanksi Berat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, rumah makan dan restoran diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat di masa Adaptasi Kebiasaan Baru...

Kadis Pertanian Pangandaran Angkat Bicara Soal Pemanggilan Bawaslu

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Jabar, Sutriaman angkat bicara soal simbol postingan akun instagram yang diduga merupakan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN)...