spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Apdesi Juluki Emil Gubernur Desa

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) memberi julukan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) sebagai Gubernur Desa karena sejumlah program yang telah dicanangkannya sangat berpihak kepada pemerintah desa.

    Julukan tersebut disampaikan saat pelantikan DPD Apdesi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/2/2020).

    Ridwan Kamil mengaku tidak pernah mengincar julukan apapun, kendati sejauh ini sejumlah program yang digagas memiliki tujuan membangun desa.

    “Saya kerja ini bukan untuk dapat julukan. Saya kerja itu penting dan membawa perubahan. Tapi kalau ada apresiasi, ya alhamdulillah. Jadi ada perubahan yang luar biasa,” ujar Emil.

    Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar, pihaknya telah meluncurkan sejumlah program unggulan. Salah satunya Satu Desa Satu Perusahaan.

    Program tersebut kian maksimal dengan dukungan 110 anak muda yang dikirimkan ke setiap desa untuk menjadi Patriot Desa.

    “Kita tahun lalu mengirim 110 anak muda terbaik lulusan pergurusan tinggi yang lulus empat nilai tadi, kompetensi, kejuangan, kerakyatan, keikhlasan,” katanya.

    Tahun ini, Emil mengaku akan mengirim 300 anak muda pilihan untuk melanjutkan program Patriot Desa. Mereka akan tinggal selama satu hingga dua tahun di desa yang telah ditentukan, termasuk bertugas membangun startup.

    “Jangan pulang kalau perusahaannya belum hadir dan harus sukses dengan ekonomi digital. Itu yang bikin ngebut ekonomi kita. Maka tadi saya doakan semoga semuanya bisa tinggal di desa tapi rejeki kita,” ujar dia. 

    Bukan hanya itu, program lain yang tahun ini dicanangkan dan anggaran dari pemerintah provinsi Jabar untuk desa sangat membatu perkembangan desa, sehingga saat ini sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Jabar. 

    Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Apdesi, Sindawa Tarang mengatakan, pihaknya memberikan julukan Gubernur Desa kepada Ridwan Kamil lantaran concern yang bersangkutan terhadap kemajuan desa. Hal itu tampak dari program-programnya yang telah digagas sejauh ini.

    “Kami sematkan Pak Gubernur (Ridwan Kamil) sebagai gubernur desa. Karena kepedulian beliau terhadap desa sangat besar, dan kami akan terus mendukung program-program beliau untuk memajukkan desa,” ujar Sindawa.

    Dia mengapresiasi setiap pemerintah provinsi atau pun pemerintah kabupaten yang mempunyai inovasi yang jelas dan berpihak kepada desa. Sebab, bilamana desa sudah maju maka kecamatan pun akan ikut maju, termasuk kabupaten dan provinsi juga akan maju.

    “Dengan demikian pikiran Pak Gubernur Jawa Barat kita ini, ini sudah melaporkan bahwa kalau Indonesia mau kuat, maju dan sejahtera maka harus dimulai dari desa,” katanya.

    Bilamana dari tingkat desa hingga provinsi telah maju, maka Indonesia akan menjelma menjadi negara yang kian sejahtera.
    .
    “Dan akan diperhitungkan oleh bangsa bangsa di dunia, ini saya sangat mengapresiasi dan akan menyampaikan program ini ke seluruh provinsi,” tuturnya.

    (AS)

    Berita Terbaru

    spot_img