spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Tiga Keinginan Masyarakat Lumbung dalam Reses Iyan Sofyan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Memasuki masa Reses Sidang I Tahun Anggaran 2020, Anggota DPRD Fraksi Demokrat daerah pemilihan 3 Lumbung, Kawali, Cipaku, Jatinagara dan Panawangan, Iyan Sofyan, menjaring aspirasi masyarakat di Desa / Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis Senin, (17/02/2020).

    Pada reses tersebut, Iyan mendengarkan beberapa kebutuhan strategis yang diutarakan tokoh masyarakat. Ada tiga keinginan masyarakat dalam reses tersebut yang disampaikan.

    Pertama, masyarakat lumbung membutuhkan angkutan sampah. Dikatakan, sarana angkutan sampah di Lumbung masih kurang. Bahkan bisa dikatakan tidak ada. Karena itu masyarakat menginginkan penyediaan angkutan sampah untuk menangani sampah rumah tangga.

    Kedua, masyarakat Lumbung membutuhkan trotoar jalan. Sejak Lumbung menjadi kecamatan sendiri, wilayah perkotaannya belum memiliki sarana untuk pejalan kaki berupa trotoar.

    “Padahal, itu sangat penting. Sangat dibutuhkan untuk pejalan kaki terutama pelajar. Trotoar ini bisa jadi mamanis di wilayah kota Lumbang,” ujar salah seorang tokoh masyarakat.

    Hal ketiga, masyrakat Lumbung menginginkan adanya Taman Kota atau Ruang Terbuka Hijau di pusat kota Lumbung. Lumbung sebagai daerah lintasan menuju daerah wisata Panjalu, harus mulai di tata kotanya.

    Menanggapi aspirasi tersebut, Iyan Sofyan, akan mengkomunikasinya kepada pihak eksekutif. Menurutnya apa yang diutarakan masyarakat ini sangat rasional dan strategis juga bagi pembangunan secara makro di Kabupaten Ciamis.

    Kebersihan lingkungan dan penanganan sampah ini menjadi salah satu penunjang dari kesehatan masyarakat.

    “Kalau sarana angkutnya tidak ideal, ya harus dipenuhi. Kalau tidak roda tiga, bagus-bagus dumtruck. Kemudian tata kota, seperti diperlukan adanya taman kota, itu juga strategis. Nanti apakah ini bisa diakomodir oleh Pemkab, atau kita upaya juga ke Pemerintah Provinsi, ini jadi PR saya dan Partai Demokrat, masyarakat Lumbung juga harus mendo’akan perjuangan kami,” ujar Iyan. (Deni)**

    Berita Terbaru

    spot_img