spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Pemprov Jabar Terus Berupaya Tangani Banjir Bandung Selatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah  Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus berupaya menangani dan mengendalikan banjir serta pemenuhan kebutuhan pengungsi di Kabupaten Bandung.

    Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/1/2020).

    “Ketua RW ketua RT menyaksikan bahwa usaha dari pemerintah juga dilakukan setiap saat. Kami tidak tinggal diam, tetapi kalau disebut 100 persen bebas saya kira tidak boleh takabur lah,” kata Emil.  

    Emil mengatakan bahwa ketingian air terus menyusut setiap harinya dan berharap bisa surut minggu ini. Dengan begitu masyarakat bisa kembali beraktivitas normal. 

    Tidak hanya itu, Pemprov Jabar dan pusat pun akan membangun sejumlah infrastruktur pengendali banjir. Salah satunya sdalah floodway Cisangkuy.

    “Jadi kalau dibilang Curug Jompong (Terowongan Nanjung) satu-satunya solusi mengatasi banjir itu keliru, tapi itu bagian dari sistem,” kata dia. 

    Setelah Terowongan Nanjung, pemerintah akan membangun kolam retensi di Kelurahan Andir dan sodetan (floodway) Cisangkuy. 

    “Kalau sudah selesai floodway, Insya Alloh 90 persen air bisa dibelokkan. Dengan kerja keras di tahun 2020, kejadian seperti ini di masa depan bisa berkurang,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img