spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Tak Seperti Biasa, Banjir Gedebage Telat Surut

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengunjungi kawasan RW 03, Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage, Sabtu (25/1/2020), yang baru-baru ini terkena banjir. Air yang menggenangi kawasan tersebut dinilai lebih lambat surut dibandingkan biasanya.

    Kondisi banjir di daerah Gedebage sudah menjadi masalah bersama dan mendapat perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Saat melakukan peninjauan langsung ke lokasi banjir di Gedebage dan sekitarnya, Mang Oded (sapaan Wali Kota Bandung) berkesempatan berbincang dengan warga RW 03, Kelurahan Rancabolang,Kecamatan Gedebage.

    “Berdasarkan keterangan warga, biasanya banjir surut dalam jangka waktu 2-3 jam. Tapi baru kali ini, banjir di RW 03, Rancabolang, lambat surut,” ucap Mang Oded dikutip dari pikiran-rakyat.com.

    Sejumlah faktor mempengaruhi durasi banjir yang menyebabkan air menggenangi daerah Gedebage dan sekitarnya lebih lama. Diantaranya debit air sungai Cinambo yang lebih tinggi daripada kondisi normal sehingga mengakibatkan banjir susah surut meski banjir sudah terjadi sejak Jumat (24/1/2020) lalu.

    Selain itu, lanjut Mang Oded, berdasarkan data yang dihimpun aparatur Kecamatan Gedebage, kurang lebih sebanyak 259 keluarga yang terdiri dari 1.100 jiwa terkena dampak banjir. Kunjungan tersebut pun dihadiri Dansektor 22 Citarum Harum, Kolonel (Inf) Asep Rahmat.

    Setelah melakukan peninjauan. Mang Oded meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi agar menelaah faktor-faktor yang menjadi penyebab banjir di sejumlah titik di RW 03 Kelurahan Rancabolang.

    “Banyak faktor, guna menelaah itu, kami bakal berkordinasi dengan (Satgas) Citarum Harum, dan (Pemkab) Bandung,” pungkasnya.

    (Candra/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img