spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Soal Sunda Empire, Ini Kata Emil

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Setelah Kerajaan Keraton Agung Sejagat di Jawa Tengah yang mengklaim memiliki kekuasaan seluruh dunia kini muncul Sunda Empire atau Kekaisaran Sunda yang menghebohkan masyarakat. 

    Kemunculan Sunda Empire ramai muncul di media sosial sehingga menjadi perbincangan masyarkat belakangan ini. Komuitas ini juga muncul tak lama setelah Keraton Agung Sejagat. 

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) lebih mengedepankan logika dan akal sehat menyikapi fenomena bermunculannya komunitas dengan latar belakang tidak jelas. 

    Demikian dikatakan Emil menyusul kemunculan Kekaisaran Sunda (Sunda Empire) setelah sebelumnya heboh Keraton Agung Sejagat di Jawa Tengah.

    Emil mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap kemunculan komunitas-komunitas semacam itu. 

    “Tetap gunakan rasio serta selalu taat terhadap aturan perundang-undangan. Jangan percaya terhadap hal-hal yang tidak masuk ke dalam logika akal sehat,” kata Emil di Bandung, Jumat (17/1/2020).

    Menurut dia, munculnya komunitas semacam Sunda Empire tidak lepas dari banyaknya orang stres di Negeri ini, sehingga menciptakan ilusi dari peristiwa sejarah. Ironisnya, banyak warga yang percaya dengan ilusi yang mereka ciptakan.

    “Ini banyak orang stres ya di republik ini. Menciptakan ilusi-ilusi yang seringkali (mengacu pada) romantisme sejarah. Ini ternyata ada orang yang percaya juga dan jadi pengikutnya,” kata Emil.

    Sebelum meresahkan masyarakat, Emil mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar dan saat ini tengah diselidiki keberadaan komunitas Sunda Empire, khususnya terkait dugaan yang mengarah pada tindak pidana. 

    “Tadi malam Pak Kapolda sudah melaporkan bahwa sedang melakuka penelitian, kalau ada aspek pidana, ini akan ditindaklanjuti,” kata dia. 

    (AS/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img