Kamis 24 September 2020

Soal Sunda Empire, Ini Kata Emil

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Setelah Kerajaan Keraton Agung Sejagat di Jawa Tengah yang mengklaim memiliki kekuasaan seluruh dunia kini muncul Sunda Empire atau Kekaisaran Sunda yang menghebohkan masyarakat. 

Kemunculan Sunda Empire ramai muncul di media sosial sehingga menjadi perbincangan masyarkat belakangan ini. Komuitas ini juga muncul tak lama setelah Keraton Agung Sejagat. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) lebih mengedepankan logika dan akal sehat menyikapi fenomena bermunculannya komunitas dengan latar belakang tidak jelas. 

Demikian dikatakan Emil menyusul kemunculan Kekaisaran Sunda (Sunda Empire) setelah sebelumnya heboh Keraton Agung Sejagat di Jawa Tengah.

Emil mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap kemunculan komunitas-komunitas semacam itu. 

“Tetap gunakan rasio serta selalu taat terhadap aturan perundang-undangan. Jangan percaya terhadap hal-hal yang tidak masuk ke dalam logika akal sehat,” kata Emil di Bandung, Jumat (17/1/2020).

Menurut dia, munculnya komunitas semacam Sunda Empire tidak lepas dari banyaknya orang stres di Negeri ini, sehingga menciptakan ilusi dari peristiwa sejarah. Ironisnya, banyak warga yang percaya dengan ilusi yang mereka ciptakan.

“Ini banyak orang stres ya di republik ini. Menciptakan ilusi-ilusi yang seringkali (mengacu pada) romantisme sejarah. Ini ternyata ada orang yang percaya juga dan jadi pengikutnya,” kata Emil.

Sebelum meresahkan masyarakat, Emil mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Jabar dan saat ini tengah diselidiki keberadaan komunitas Sunda Empire, khususnya terkait dugaan yang mengarah pada tindak pidana. 

“Tadi malam Pak Kapolda sudah melaporkan bahwa sedang melakuka penelitian, kalau ada aspek pidana, ini akan ditindaklanjuti,” kata dia. 

(AS/LIN)

Artikel Lainnya

Ekspansi Kredit, Bank bjb Jalin Kerja Sama dengan BNPB

JAKARTA,FOKUSjabar.id: Bank bjb terus melakukan ekspansi kredit perbankan di...

Bupati Ciamis Tekankan Hidup Bersih Cegah Covid-19

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan bahwa kebersihan baik pribadi maupun lingkungan sangat penting guna mencegah penyebaran Covid-19. Demikian disampaikan Herdiat saat memeringati World Cleaneup...

5 Manfaat Peace Lily dan Perawatannya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Peace Lily tidak termasuk dalam anggota Lilium spp, melainkan keluarga Araceae. Bunga bernama ilmiah Spathiphyllum wallisii ini memiliki warna putih yang menawan. Selain warnanya...

178 Pegawai Pemkot Bandung yang Positif Covid-19 Sembuh

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 178 pegawai pemerintah kota Bandung yang terkomfirmasi positif Covid-19 telah dinyatakan negatif Covid-19 atau sembuh setelah menjalani uji usap lanjutan. Sementara sisanya sebanyak...

Kasus Covid-19 di Banjar Terus Meningkat

BANJAR,FOKUSJabar.id: Kasus Covid-19 di Kota Banjar terus meningkat. Saat ini sudah ada 31 orang terkonfirmasi positif virus Corona.  "Hari ini nembah dua orang. Mereka warga...

Prinsip Profit, People, Planet Bawa bank bjb Raih Penghargaan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bank bjb menjadi salah satu perbankan yang amat konsisten memperhatikan triple bottom line yakni Profit, people, dan planet, agar manfaat usaha perusahaan dapat...

Dirut Bank bjb Yuddy Renaldi Raih Penghargaan Most Popular Leader in Social Media 2020

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dirut bank bjb, Yuddy Renaldi meraih penghargaan dari PR INDONESIA sebagai Most Popular Leader in Social Media 2020. Penghargaan bergengsi di ranah publikasi kehumasan...