spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    Trump: Soleimani Berencana Ledakkan Kedubes AS di Irak

    AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.id: Presiden Donald Trump mengklaim mendiang perwira tinggi militer Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, berencana meledakkan kedutaan besar Amerika Serikat di Irak sebelum tewas.

    Trump menuturkan Soleimani bahkan turut mengancam akan menyerang beberapa kedubes AS di luar negeri.

    “Soleimani secara aktif merencanakan untuk meluncurkan serangan-serangan baru terhadap beberapa kedutaan besar AS, bukan hanya kedubes AS di Baghdad. Tapi kami menghentikannya secara cepat dan dingin,” kata Trump Kamis (9/1/2020) waktu setempat.

    Dilansir dari CNN, seorang pejabat senior AS mengamini klaim Trump tersebut dengan menyebut bahwa Washington memiliki sumber intelijen yang mengetahui beberapa rencana dan ancaman yang melibatkan Soleimani, termasuk penyerangan kedutaan besar menggunakan peledak.

    BACA JUGA: Tiga Atlet Jepang Terkonfirmasi Positif Covid-19

    Rencana itu terpisah dan lebih canggih daripada upaya penyerbuan kedubes AS di Baghdad oleh anggota milisi Irak pro-Iran, Khatib Hizbullah, dan para pendukung yang berlangsung beberapa hari sebelum serangan drone terjadi.

    Meski begitu pejabat AS yang enggan diungkap identitasnya itu tak mau menjelaskan detail rencana penyerangan oleh Iran. Menurut dia informasi intelijen itu bersifat sensitif.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img