spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    Polemik Natuna dengan Cina, Prabowo Pilih Jalan Damai

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menyatakan memilih jalan damai melalui diplomasi menghadapi polemik kepemilikan perairan Natuna oleh Cina.

    Hal ini diungkapkan oleh Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar-Lembaga Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak.

    Dahnil meluruskan maksud dari cara bersahabat dan damai dalam menghadapi Cina seperti yang sempat disampaikan Prabowo sebelumnya.

    Baca Juga: Harga Daging Ayam di Kota Bandung Tembus Rp40 Ribu

    “Sesuai dengan prinsip diplomasi seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak, dan prinsip pertahanan kita yg defensive bukan offensive. Maka penyelesaian masalah selalu mengedepankan upaya kedua prinsip dan langkah damai harus selalu diprioritaskan,” ungkap Dahnil, seperti dilansir CNN, Sabtu (4/1).

    Ia mengatakan sikap ini merupakan cerminan dari hasil pembahasan internal di kalangan pemerintah antara Prabowo dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud MD. Keduanya sudah sempat rapat mengenai penanganan polemik Natuna bersama pada Jumat (3/1) kemarin.

    “Langkah damai bukan berarti tidak bersikap tegas dan inferior. Langkah damai yg dipilih tentu adalah jalur diplomasi,” ujarnya.

    Sebelumnya, Prabowo mengungkapkan akan mencari solusi terbaik dalam menghadapi China dalam penyelesaian polemik klaim kepemilikan perairan Natuna. Tak hanya dengan Mahfud, ia juga sempat rapat membahas Natuna bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img