spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Banjir Bandang Banten, 3 Orang Tewas

    BANTEN, FOKUSJabar.id: Sedikitnya tiga orang tewas dan ribuan orang mengungsi akibat banjir bandang yang menerjang enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Rabu (1/1/2019).

    “Tiga orang meninggal dunia akibat banjir,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, seperti dilansir CNN, kamis (2/1/2020).

    Sementara itu. Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Lebak Mardias mencatat ada 2.167 rumah yang terendam banjir. Dari jumlah itu 306 rumah rusak berat dan 274 rusak ringan.

    Baca Juga: DMI Kabupaten Ciamis Tolak Aturan Ganjil Genap Salat Jumat

    Mardias menyatakan pihaknya masih melanjutkan pendataan dampak banjir. Selain itu, BPBD Lebak fokus menyalurkan bantuan logistik ke lokasi-lokasi pengungsian warga.

    “Kami memfokuskan penyaluran makanan untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Mardias.

    Banjir bandang menerjang enam kecamatan di Lebak setelah debit air sungai Ciberang meningkat drastis akibat hujan. Daerah paling parah terdampak luapan Sungai Ciberang adalah Kecamatan Sajira, Lebak Gedong, dan Cipanas. Di daerah itu sebagian permukiman warganya berdekatan dengan Sungai Ciberang.

    Hari ini banjir di sejumlah titik terpantau surut. Mardias menuturkan sebagian warga masih bertahan di pengungsian meski banjir mulai surut.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img