spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Atlet Jabar Raih 78 Medali di SEA Games 2019, Ahmad: Ini Modal untuk PON XX

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Jawa Barat membuktikan keunggulan pembinaan olahraga dengan menyumbangkan sekitar 35 persen medali dari total raihan medali kontingen Indonesia di SEA Games 2019. Total, atlet asal Jabar menyumbangkan sebanyak 78 medali bagi kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2019.

    Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin menuturkan, Jabar sendiri menyumbangkan sebanyak 179 orang atlet di kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 dan menjadi penyumbang atlet terbanyak dibanding provinsi lain. Kondisi ini menjadi bukti jika Jabar masih memiliki keunggulan dalam hal pembinaan dan keprestasian olahraga di level nasional.

    “Meski kita dalam kondisi yang tidak terlalu baik dari sisi dukungan anggaran, tapi atlet kita sudah terlatih dan memiliki karakter yang kuat sehingga tetap unggul di berbagai even kejuaraan,” ujar Ahmad saat ditemui di sela-sela pelaksanaan Rapat Anggotq Tahunan (RAT) KONI Jabar 2019 di Grand Aquila Hotel, Jalan Pasteur Kota Bandung, Kamis (12/12/2019).

    Dari total 78 medali yang disumbangkan atlet asal Jabar, dengan rincian 24 medali emas, 25 perak, dan 29 perunggu. Kontingen Indonesia finish di peringkat 4 SEA Games 2019 dengan total 267 medali dengan rincian 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

    “Apa yang sudah diraih atlet kita di SEA Games 2019 itu, menjadi modal awal kita untuk pertahankan juara umum PON di Papua pada 2020 mendatang. Ini pembuktian jika atlet kita masih memiliki keunggulan dan harus dijaga untuk PON XX melalui dukungan nyata dari semua pihak terutama Pemprov Jabar,” terangnya.

    Ahmad pun menyebut jika Gubernur Jabar, Ridwan Kamil secara langsung sudsh menghubungi dirinya terkait pencapaian atlet Jabar di SEA Games 2019. Bahkan, gubernu yang akrab disapa Emil itu sudah menyiapkan bonus penghargaan bagi torehan prestasi yang sudah dicetak atlet di SEA Games 2019.

    “Penghargaan dari Pemprov Jabar bagi atlet SEA Games 2019, rencananya akan diberikan langsung Pak Gubernur (Ridwan Kamil) sekitar bulan Februari 2020. Kalau dari nilai besarannya, kita masih menghitung,” tambahnya.

    Dari 179 atlet asal Jabar yang ‘manggung’ di SEA Games 2019, sebanyak 120 orang diantaranya masih bisa membela Jabar di ajang PON XX. Sebanyak 120 atlet yang membela Indonesia di SEA Games 2019 dan masih bisa berlaga di PON XX tersebut akan menjadi salah satu sumber kekuatan bagi Jabar.

    “Jadi bagaimana kita menjaga kekuatan itu untuk PON XX sehingga masih bisa mempertahankan gelar juara umum. Ditambah dengab kekuatan atlet kita diluar SEA Games 2019 dan masih memiliki keunggulan untuk meraih medali,” pungkasnya.

    (ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img