spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Di Ciamis Gedung Kesenian Mirip Tempat Hajatan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Sekretaris Dewan Kebudayaan Ciamis Dadang Qimos atau lebih dikenal Dang Q menilai Gedung Kesenian di Kabupaten Ciamis mirip dengan tempat hajatan.

    Dia berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis bisa merombak gedung yang ada di Jalan Ir. H. Djuanda Ciamis itu.

    Menurut Dang Q, Gedung Kesenian Ciamis itu menghabiskan dana sekitar Rp1,5 miliar. Namun tidak representatif untuk pertunjukan seni. Padahal di Ciamis banyak seniman yang berkualitas.

    “Contoh Tasik dulu Gedung Keseniannya kurang memadai. Ketika didorong dari kemauan para senimannya akhirnya bisa dirombak lagi, sehingga gedung kesenian jadi bermanfaat dan lebih hidup,” ujar Dang Q, Rabu (11/12/2019).

    Beberapa kekurangan Gedung Kesenian Ciamis kata Dang Q mulai dari sisi akustiknya, lalu panggung, dan banyak hal lain yang membuat gedung itu tidak cocok untuk pementasan seni.

    Seharusnya, kata dia, sebuah Gedung Kesenian itu bangunanya seperti Bioskop.

    “Perbedaa Bioskop sama Gedung Kesenian hanya dari penataannya saja. Kalau Bioskop itu pakai layar sementara Gedung Kesenian terdapat panggung di depanya dan tidak datar. Jadi gak seperti tempat hajatan,” jelas Dang Q.

    Gedung Kesenian Ciamis yang dinilai tidak pas ini diakibatkan dari tidak memakai arsitektur yang diperuntukan untuk pentas seni. Sebelumnya juga tida meminta saran masukan dari para seniman.

    (Ibenk/Deni)

    Berita Terbaru

    spot_img